Pengertian web hosting

 

Web host merupakan tempat penyimpanan data, bisa berupa file gambar, email, aplikasi, document, dll yang dapat diakses melalui internet oleh user/pengguna dari semua tempat secara simultan.

Sedangkan hosting adalah sebuah layanan jasa penyimpanan data (host) di interenet yang memungkinkan seseorang atau organisasi untuk menyimpan data dengan kapasitas megabyte (MB) hingga terabyte (TB). Seseorang menggunakan layanan web hosting dengan berbagai tujuan misalnya untuk penyimpan data web, penyimpanan data email, penyimpanan data untuk aplikasi dan lain-lain.

Web hosting dibagi dalam beberapa jenis diantaranya :
Shared hosting
Shared hosting adalah layanan host dimana sebuah akun host ditaruh bersama beberapa akun host lain dalam satu server yang sama atau dalam artian penyewa hosting yang satu ditempatkan satu server dengan penyewa hosting lainnya. Kelemahan shared hosting adalah jika misalkan seorang penyewa menggunakan server berlebihan ini akan mengakibatkan gangguan server dan pengguna lain akan merasakan dampaknya.

Virtual private server (VPS)
VPS merupakan virtualisasi server yang memungkinkan penyewa untuk menyimpan data atau melakukan kegiatan layaknya sebuah PC/komputer yang mampu berjalan 24 jam tanpa henti. Dalam artian yang lebih mudah, VPS merupakan sistem operasi dari server yang dapat dijalankan dari jarak jauh (remote). Diibaratkan seseorang dari indonesia memiliki sebuah komputer dalam bentuk virtual di amerika atau negara lainnya yang dapat dijalankan dari indonesia. Biasanya penyewaan VPS lebih mahal dari shared hosting.

Dedicated server
Dedicated server merupakan server yang dikhususkan untuk seorang penyewa saja. Dedicated server biasanya disediakan untuk penyewa yang membutuhkan tempat penyimpanan data dengan beban yang tinggi. Berbeda dengan shared hosting, dedicated server memberikan akses penuh untuk menggunakan server pada sang penyewa dan tanpa dibagi dengan penyewa lain.

Setiap web hosting memiliki spesifikasi berbeda baik dalam hardware maupun softwarenya, begitu pun dengan harganya yang berbeda-beda, setiap web hosting menawarkan kelebihannya masing-masing. Penyewaan host biasanya disewakan perbulan, pertiga bulan, perenam bulan atau pertahun. Shared hosting akan lebih murah dibandingkan dengan VPS dan Dedicated server. Baca juga : Tips memilih web hosting yang baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *