Teknik SEO untuk blog

Teknik seo (search engine optimization) merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dalam rangka meningkatkan traffic untuk sebuah situs web dengan memanfaatkan cara kerja atau algoritma dari mesin pencari. SEO sendiri merupakan ilmu yang tidak pasti dan ada hanya berdasarkan penelitian atau pengalaman seseorang dalam mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari, karena SEO itu sendiri bertujuan untuk mendapatkan posisi satu atau posisi terbaik di hasil pencarian search engine (mesin pencari) seperti google, yahoo atau search engine lainnya berdasarkan kata pencarian yang ditargetkan.

SEO menjadi tidak pasti karena memang perusahaan search engine misalnya google tidak akan memberitahukan cara kerja atau rumus kerja mesin pencari mereka kepada umum. Oleh karena itu kita hanya dapat belajar SEO dari orang-orang ahli dan telah berpengalaman dalam mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari, atau kita bisa mempelajari cara kerja dari mesin pencari itu sendiri.

Kini Para pengguna internet tidak akan mampu lagi menghafalkan jutaan situs web di internet, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, ask dan mesin pencari lain untuk mencari sesuatu di internet. Secara logika jika posisi situs web yang kita kelola berada pada posisi paling atas hasil pencarian mesin pencari, maka situs web tersebut akan memiliki peluang paling besar untuk dikunjungi para pengguna internet.

Mesin pencari merupakan media paling efektif dalam menghasilkan pengunjung yang relevan ke situs web kita, karena pengunjung datang berdasarkan kata kunci yang kita targetkan, misalnya jika kita mentarget kata kunci “menjual handphone terbaru” maka pengguna internet akan datang dari search engine dengan kata kunci yang sama atau hampir sama dengan kata kunci tersebut. Dengan demikian kita akan mampu menjaring orang-orang (pengguna internet) yang kita harapkan, misalnya situs web Anda menjual hp dan kita menginginkan seseorang pembeli hp datang ke situs web yang kita kelola, kita tinggal metargetkan saja kata kunci yang berkaitan dengan jual hp.

SEO dibagi kedalam 2 metode yaitu seo on page dan seo off page. Seo on page merupakan serangkaian metode (teknik optimasi) yang dilakukan di dalam situs web atau blog itu sendiri, contohnya dengan membuat load page sebuah blog menjadi ringan atau dengan cara memperbanyak teks di dalam sebuah blog dengan tujuan agar mesin pencari lebih mudah untuk merayapi dan membaca blog tersebut. Sedangkan, Seo off page adalah serangkaian teknik optimasi yang dilakukan dari luar blog, contohnya dengan memberikan tautan (link) menuju sebuah blog dari situs atau blog lain.

Berikut tentang cara dan teknik seo yang disarankan google : http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769&topic=2370419&ctx=topic.

Seiring berjalannya waktu, persaingan untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari pun semakin berat dan akan semakin meningkat karena semakin banyaknya kompetitor di mesin pencari. Teknik optimasi pun akan terus dan terus berubah seiring perubahan algoritma atau cara kerja mesin pencari, oleh karenanya kini semakin banyak yang menawarkan jasa optimasi (SEO) untuk web atau blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *