Memacu adrenalin di wisata ekstrim Kalisuci Jogja

Wisata eksrim Kalisuci Gunung Kidul – Wisata jogja ternyata tak hanya mengandalkan wisata budaya saja. Ada banyak spot spot wisata alam yang ternyata sangat mengagumkan dan wajib untuk dikunjungi. Salah satu daerah di Jogjakarta yang menyimpan keindahan luar biasa adalah Kabupaten Gunung Kidul. Di Gunung Kidul banyak sekali terdapat pantai yang indah dan gugusan gunung kapur yang megah.

Di antara gunung dan pantai, terdapat sungai yang menghubungkan keduanya. Menariknya, pesona sungai di Gunung Kidul tak kalah eloknya disbanding pantai atau gunungnya. Saat ini banyak jalur sungai yang dimanfaatkan untuk wisata ekstrim. Salah satunya adalah kalisuci.

Cave tubing Kalisuci
Cave tubing Kalisuci

Wisata Ekstrim Kalisuci

Objek wisata alternatif ini sejatinya mengekor kesuksesan Gua Pindul yang juga menyajikan susur kali opak. Bedanya, wisata ekstrim kalisuci memberikan tantangan yang lebih ekstrim jika dibanding dengan Gua Pindul. Sama sama menawarkan eksotisme Gua dan jalur sungai, wisata kalisuci lebih menantang karena jalurna lebih sempit dengan arus deras dan terjal. Wisata esktrim Kalisuci gunung Kidul ini menawarkan dua paket yaitu susur Gua (caving) dan susur sungai (tubing).

Medan yang ditempuh oleh para wisatwan hampir 700 meter. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan yang mengangumkan yaitu deretan dinding sungai yang tergerus air, sehingga menciptakan kontur batu kapur yang sangat artistic. Di sisi lain, wisatawan juga ditantang untuk menakhlukkan arus sungai yang cukup deras. Di situlah letak kepuasannya karena skelaigus merasakan dua sensasi berbeda.

Sebelum mengarungi Kalisuci, para wisatawan diharuskan untuk mendaki bukit terlebih dahulu untuk memasuki mulut gua. Bukit setinggi 40 meter harus ditakhlukkan dan barulah kita bisa memasuki guadengan kedalaman sekitar 30 meter. Setelah selesai menyusuri gua barulah kita bisa meraksaka esktrimnya perjalanan melintasi Kalisuci. Waktu 2 jam yang dihabiskan dalam perjalanan wisata ini tak akan terasa membosankan dan hanya terasa sebentar saja.

Jalur wisata ekstrim Kalisuci
Jalur wisata ekstrim Kalisuci

Lokasi dan arah menuju Kalisuci Jogja

Objek wisata ekstrim Kalisuci Gunung Kidul terletak di Dusun Jetis, Desa Pasar Rejo, Kecamatan Semanu ,Kabupaten Gunung Kidul atau berjarak 6 km sebelah timur pusat Kota Wonosari  (sekitar 2 jam perjalanan dari kota jogja).

Harga Tiket Masuk Wisata Ekstrim Kalisuci

Objek Wisata ini menawarkan beberapa paket pilihan yang dapat dipilih oleh pengunjung sesuai dengan budget. Harga tiket masuk Wisata Kalisuci relative murah, apalagi jika dibandingkan dengan sensasi yang kita dapatkan. Berikut ini daftar harga tiket paket wisata Kalisuci :

Daftar harga tiket wisata Kalisuci
Daftar harga tiket wisata Kalisuci

Tips berwisata di kalisuci :

Pilih waktu berlibur saat musim perlaihan (antara musim hujan dan musim kemarau). Sebab saat musim hujan, air akan keruh dan arusnya deras, sedangkan saat musim kemarau debit airnya sedikit.