Mendaki keindahan tebing Keraton Dago Bandung

Tebing Keraton Dago Bandung – Bandung ternyata tak hanya memiliki wisata belanja dan wisata kuliner saja. Jika ditelisik lebih jauh, Kota yang biasa disebut sebagai kota kembang ini ternyata juga memiliki keindahan alam yang taka kalah mengagumkan jika dibanding dengan daerah lain. Salah satu objek wisata Bandung yang tengah naik daun adalah Tebing Keraton. Venue ini menjadi tren wisata Bandung saat ini dan dituju oleh banyak wisatawan khususnya bandung dan sekitarnya.

Tebing Keraton Dago
Tebing Keraton Dago

Tebing Keraton menyuguhkan panorama alam pegunungan yang begitu indah dengan spot di ujung tebing yang sangat cocok untuk tempat foto selfie. Tempat wisata ini belum lama muncul. Baru pada bulan Mei 2014 kemarin, Tebing keraton menyeruak dan banyak dikunjungi akibat gencarnya promosi via media sosial. Di tempat ini kita bisa melihat hijaunya alam pegunungan di Kota Bandung yang merupakan taman hutan Ir. H Juanda. Suasananya sangat sejuk dan asri cocok untuk melepas penat keseharian di kota. Waktu paling asik mengunjungi Tebing Keraton Dago adalah saat pagi hari atau menjelang senja. Spot paling menarik adalah sisi selatan pada bagian batu yang agak menjorok ke luar tebing. Spot ini sering digunakan untuk foto selfie baik sendiri atau beramai ramai.

Asal usul nama tebing keraton Dago

Jika mendengar namanya, kita pastiakan bertanya dari mana asl usul nama Tebing Keraton. Apakah berhubungan dengan kerajaan yang ada di bandung ? ternyata setelah ditelisik asal nama Keraton bukanlah berarti kerajaan. Keraton dalam bahasa Sunda berarti kemegahan alam. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan air laut, dengan kontur yang bergunung gunung.

Petunjuk Arah Menuju Tebing Keraton dago Bandung

Untuk menuju Tebing keraton, wisatawan tak perlu khawatir karena lokasi ini mudah sekali ditemukan. Rute jalan yang dapat diambil adalah arah menuju Tahura (Taman Hutan Raya Ir Juanda) yang terletak di Dago pakar. Ikutin arah jalan tersebut, setelah sampai di gapura Tahura, lurus saja sekitar 3,5 km dan ikuti plang atau petunjuk ke arah bukit yang sudah banyak di pasang. Jika masih bingung, cari saja dengan GPS koordinat Tebing keraton -6.8351800, 107.6634118.
Tips :

  • jalan menuju Tebing Keraton sangat menanjak terjal dan kondisi jalannya belum mulus, disarankan sebaiknya para traveler menggunakan kendaraan roda dua dan tidak mengangkut beban yang berat.
  • Pastikan kondisi kendaraan juga baik, Rem dan kekuatan.
Sunset di Tebing Keraton
Sunset di Tebing Keraton

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton Dago

Untuk memasuki objek wisata ini pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 11.000 per kepala dan untuk tarif parkir Rp. 5000/motorserta Rp. 10000/mobil.