4 Wisata Ponorogo yang wajib Anda kunjungi

Wisata Ponorogo – Ponorogo, mendengar kota itu disebut tentu pikiran kita langsung terbayang pada eksotisme Reog Ponorogo yang legendaris. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak yang bisa dilihat dan dinikmati di Ponorogo selain reog-nya seperti wisata alam Ponorogo yang ternyata menyimpan keindahan yang luar biasa. Nah, apabila anda mempunyai waktu luang dan ingin berwisata ke Ponorogo, setidaknya tempat-tempat inilah yang wajib anda kunjungi:

Tempat Wisata Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Puncak Pringgitan

Puncak Pringgitan
Puncak Pringgitan

Sesuai namanya, tempat ini merupakan dataran tinggi dengan tinggi sekitar 800 m dari permukaan laut. Dataran tinggi atau Puncak Pringgitan ini berada di wilayah tiga desa, yaitu Desa Caluk, Desa Broto, dan Desa Kambeng, dengan wilayah yang lebih dominan di Desa Caluk. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah meskipun cukup jauh dari pusat kota Ponorogo yaitu sekitar 27 km ke arah selatan. Persiapan persiapan pendakian perlu disiapkan dengan cermat. Selain itu terdapat larangan-larangan yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

Beji Sirah Keteng

Beji Sirah Keteng
Beji Sirah Keteng

Objek wisata yang terletak di Desa Bedingin, Kecamatan Sambit ini merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya. Objek wisata yang berupa sendang atau beji ini sangat luas sekitar kurang lebih 1 hektar. Menurut sejarah tempat ini merupakan peninggalan dan pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam.

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel Ponorogo

Konon menurut cerita rakyat setempat Telaga Ngebel mempunyai kaitan dengan ular naga legendaris masyarakat Jawa, Baru Klinting dan juga salah satu keturunan Prabu Brawijaya V Raja terakhir Majapahit, yaitu Bathoro Kathong. Telaga ini terletak sekitar 24 km ke arah timur laut dari pusat kota Ponorogo dan berada di Gunung Wilis.

Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk Ponorogo
Air Terjun Pletuk Ponorogo

Air terjun yang terletak di sebelah tenggara pusat kota Ponorogo ini terletak di Kecamatan Sooko. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini tak perlu khawatir dengan akses jalan karena akses jalan menuju air terjun ini sudah relatif bagus. Fasilitas umum di kompleks wisata pun sudah terbilang lengkap dengan adanya area parkir yand memadai, mushola, toilet, serta warung-warung makan. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebelum memasuki tempat ini.

Itulah 4 tempat wisata Ponorogo yang wajib Anda kunjungi jka mampir ke Jawa Timur. Selain tempat tempat wisata di atas, Anda juga sebaiknya jangan melewatkan atraksi Reog Ponorogo yang terkenal itu