Gua Jomblang, pesona hutan purba dan cahaya surga

Gua Jomblang adalah salah satu gua yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Gua ini sangat unik karena bentuknya yang vertikal seperti sumur raksasa dengan kedalaman mencapai 80 meter. Gua ini menjadi salah satu Gua yang paling banyak dikunjungi dari ratusan gua yang ada di Gunung Kidul. Gua ini terbentuk akibat adanya aktivitas geologi berupa amblesnya tanah jutaan tahun yang lalu. Ekosistem yang terdapat di dalam Gua didominasi oleh tumbuhan purba berupa pakis dan paku pakuan.  Gua Jomblang juga disebut sebagai luweng jomblang (luweng artinya sumur atau lubang dalam bahasa setempat).

Gua Jomblang dilihat dari atas
Gua Jomblang dilihat dari atas

Vegetasi yang ada di dalam gua ini jauh berbeda dengan yang ada di atas tanah. Jika di atas permukaan tanah didominasi oleh tumbuhan kars seperti pohon jati, namun di dalam gua kita akan melihat lebatnya hutan dengan aneka tmbuhan yang jarang ditemui di atas sana, sehingga banyak juga yang menyebut hutan di dalam Gua Jomblang sebagai Hutan Purba.

Untuk memasuki Gua Jomblang kita harus dipandu oleh pengelola wisata, sebab tidak boleh asal masuk tanpa memiliki keahlian khusus di bidang rafling atau caving. Peralatan keamanan lengkap juga harus dikenakan seperti lampu, helm, harness, croll, dll. Adrenalin akan terpacu kencang ketika kita mulai menuruni Gua sedalam 80 meter ini. 15 meter pertama kaki kita masih bisa menapakkan kaki di dinding gua, selebihnya kita hanya bisa berdoa karena melayang di udara dan turun menggunakan tali sampai ke dasar gua.Pemandangan yang ada di dasar gua sangat eksotis dengan hamparan vegetasi hijau khas paku pakuan, serta ornamen gua karst yang sangat artistik.

Menuruni Gua Jomblang dengan tali
Menuruni Gua Jomblang dengan tali

Cahaya Surga di Luweng Grubug

Petualangan tak berhenti begitu saja di dasar gua jomblang, pasalnya 300 meter dari situ ada sebuah gua (celah) bernama luweng grubug. Luweng grubug tak kalah cantiknya dengan gua jomblang, di tempat ini kita bisa melihat cahaya surga yaitu cahaya matahari yang masuk melalui celah luweng grubug membentuk seperti tiang cahaya raksasa. Cahaya matahari yang menerobos itu seperti penggambaran cahaya surga dari langit yang sering digambarkan dalam fim film fiksi. Ketinggian tiang cahaya surga ini bisa mencapai 90 meter. Sepanjang perjalanan dari dasar gua jomblang hingga luweng grubug kita akan melihat beragam ornamen indah berupa stalaktit dan stalakmit. Medan yang dilalui juga cukup sulit karena harus melalui sungai bawah tanah yang satu muara dengan Kalisuci.

Cahaya surga Luweng Grubug
Cahaya surga Luweng Grubug

Lokasi Gua Jomblang

Gua Jomblang dan Luweng Grubug terletak di dusun Jetis Wetan, Desa Pancarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Harga Paket Wisata Gua jomblang

Rp. 450.000
Minimal 2 orang

Tips Wisata di gua Jomblang

  1. Waktu terbaik menkmati cahaya surga di luweng grubug adalah pukul 10.00-12.00 karena saat itu cahaya masuk akan berbentuk vertikal.
  2. Maksimal pengunjung dalam sekali trip adalah 25 orang.
  3. Wajib mengenakan peralatan keamanan lengkap.
  4. Sebaiknya berwisata di sini saat musim kemarau.