Keindahan Pantai Papuma di Kabupaten Jember

Pantai Papuma
Pantai Papuma dilihat dari Gardu Pandang

Kota jember ternyata tak hanya terkenal dengan Anang yang selalu menjadi ikon kota berjuluk tesebut. Ada sebuah objek wisaa jember yang sangat memukau keindahannya dan mulai populer akhir akhir ini. Adalah Pantai Papuma yang memiliki panorama indah dan sayang untuk dilewatkan jika Anda tengah berkunjung ke kota Jember.

Pantai Papuma
Pantai Papuma dilihat dari Gardu Pandang

Pantai Papuma merupakan salah satu pantai yang berjenis teluk dengan hamparan pasir putih halus nan bersih. Pantai ini memang belum terlalu ramai oleh wisatawan karena akses menuju pantai ini cukup jauh dari pusat kota Jember. Pantai Papuma selain menawarkan keindahan hamparan pasir putihnya juga menyuguhkan pemandangan begitu indah berupa menara karang yang kokoh berdiri di depan pantai. Ya, pantai ini memang memiliki topografi berupa karang karang sehingga air lautnya juga tampak biru jernih.


Batu Karang di Pantai Papuma
Batu Karang di Pantai Papuma

Di pantai ini wisatawan dapat bermain di pantai dan berjemur, tapi tidak dianjurkan untuk berenang atau mandi dilaut karena ombaknya cukup besar. Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan senja yang apik karena memiliki garis cakrawala yang begitu bagus.

Selain wisata pantai, di dekat pantai Papuma juga terdapat hamparan hutan yang luas. Hutan di sekiar Pantai ini memiliki banyak aneka ragam fauna seperti berbaga jenis burung, renggiling Rusa, dan biawak.

Hutan Jati dekat Tanjung Papuma
Hutan Jati dekat Tanjung Papuma

Fasilias yang terdapat di Pantai papuma
Di Pantai ini kita dapat menikmati keindahan alam lengkap dengan fasilitas seperti penginapan, bumi perkemahan kamar mandi, dan gardu pandang.

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma

Untuk masuk ke wilayah pantai yang bernama asli pantai pasir putih malikan ini, pengunjung harus membayar tike masuk dengan harga Rp. 14.000 per orang. Sedangkan untuk tarif menginap di penginapan dekat pantai papuma tarifnya bervariasi mulai dari Rp. 70.000

Lokasi pantai papuma

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabpaten Jember. Pantai ini dapat ditempuh dengan jarak 45 km atau sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jember.