Keindahan Pulau Sempu yang mengagumkan

Wisata  Malang – Pulau Sempu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jawa Timur akhir-akhir ini karena pesona alamnya yang luar biasa; menantang dan mempesona. Pulau yang terletak di Malang, tepatnya di Malang Selatan ini juga dilengkapi dengan laguna yang juga mempesona yang kemudian dikenal dengan nama Segara Anakan.

Pulau tak berpenghuni ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur ini difungsikan sebagai cagar alam yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Sebagai tempat konservasi sumber daya alam yang dikelola oleh pemerintah, wisatawan yang berkunjung ke pulau ini harus memperoleh ijin dari Balai Konservasi SDA sebagai pengelola Pulau Sempu. (baca sejarah Pulau Sempu)

Keindahan Pulau Sempu
Keindahan Pulau Sempu

Cara Menuju ke Pulau Sempu

Untuk mencapai Konservasi Sumber Daya Alam Pulau Sempu, pengunjung dapat berangkat dari kota Malang menuju Pantai Sendang Biru yang memakan waktu selama kurang lebih dua jam untuk selanjutnya wisatawan harus lapor ke Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, dengan menunjukkan surat ijin masuk kawasan wisata dari Balai Konservasi SDA Jatim. Untuk menuju ke Pulau Surga ini, wisatawan bisa menyewa kapal milik nelayan setempat dengan tarif Rp 150.000 dengan kapasitas mencapai 10 orang. Setelah sekitar 15 menit, wisatawan akan sampai ke wilayah Pulau Sempu. Untuk berjaga-jaga, wisatawan bisa meminta nomor ponsel nelayan untuk meminta dijemput setelah wisatawan merasa puas menikmati Pulau.

Pantai di Pulau Sempu
Pantai di Pulau Sempu

Rute Menuju ke Pulau Sempu

Yang perlu diperhatikan wisatawan adalah; wisatawan harus didampingi pemandu resmi dari Balai Konservasi ketika memasuki wilayah Pulau Sempu sebagai upaya pencegahan apabila terjadi serangan dari binatang buas. Pulau Sempu memiliki beragam jalur penelusuran. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati Pulau Sempu lebih dalam, tersedia jalur yang cukup ekstrim, yang biasanya bisa dilalui melalui rute Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – menuju Segara Anakan.

Segara Anakan di Pulau Sempu
Segara Anakan di Pulau Sempu

Penginapan di Pulau Sempu

Wisatawan yang ingin menikmati pulau lebih lama, bisa menyewa tenda sekitar Rp 50.000/malam, serta tersedia warung-warung makan di sekitar Pantai Sendang Biru. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Sempu adalah ketika musim kemarau karena tanah di Pulau ini cenderung sulit dilalui apabila musim penghujan karena basah. Wisatawan juga disarankan mempersiapkan perlengkapan secukupnya.

Baca juga 6 wisata malang yang wajib untuk dikunjungi