Membuat sticky post untuk postingan utama di wordpress

Dalam sebuah blog atau website, kita umumnya melihat urutan daftar postingan yang dimulai dari tanggal terbaru hingga terlama. Nah kalau yang disebut dengan sticky post itu adalah sebuah postingan yang dianggap merupakan postingan utama dalam sebuah blog, dan postingan yang dibuat menjadi sticky post akan berada pada posisi paling atas dari postingan lainnya. Sticky post tidak perlu harus merupakan postingan terbaru atau terupdate, karena postingan yang sudah lama pun bisa dijadikan post utama jika isinya sangat relevan dengan topik blog.  

Setingan untuk mengatur sebuah postingan menjadi sticky post bisa ditemukan dalam tab “Visibility” dari modul Publish yang terdapat di layar Editor. Dari tiga pilihan yang terdapat di sana Public, Password protected, dan Private anda bisa memberikan tanda centang pada submenu dari Public yaitu “Stick this post to the front page”.

Cara membuat sticky post untuk postingan utama
Cara membuat sticky post untuk postingan utama

 

Manfaat dari membuat sebuah postingan (baru atau lama) menjadi postingan utama atau sticky post selain membuat blog menjadi lebih user friendly karena pengunjung bisa melihat postingan sebelumnya tanpa perlu melakukan scroll kebawah.

Dalam hal ini sticky post harus digunakan hanya jika diperlukan saja, dan dalam dalam waktu yang tidak terlalu panjang (sampai berminggu-minggu), variasikan saja postingan utama di tampilan depan sesuai dengan topik dari blog, atau alternatifnya adalah membuat halaman statis / static page atau membuat widget dengan menggunakan gambar dan link yang diarahkan pada postingan tersebut.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *