Menikmati birunya keindahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Keindahan Pulau Tidung – Jika di kota Bandung ada objek wisata baru bernama Tebing Keraton, di jakarta ternyata juga ada wisata yang tak kalah cantiknya. Meski bukan wisata yang benar benar baru, namun pesonanya masih tetap dikagumi oleh wisatawan yang berkunjung. Adalah pulau Tidung, satu di antara ratusan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu yang kini tengah ramai dikunjungi. Spot wisata yang terdapat di pulau yang masuk di Propinsi DKI ini memang sangat mengagumkan.Keindahan Pulau Tidung baru terekspose sejak tahun 2009 lalu dan kini menjadi pulau yang paling terkenal di antara pulau lainnya.

Wisata Pulau Tidung
Wisata Pulau Tidung

Lokasi Pulau Tidung
Pulau Tidung terletak di gugusan Kepualauan Seribu, sekitar 50 km dari garis pantai kota Jakarta. Pulau ini memiliki luas sekitar 109 hektar dengan pemandangan laut yang sangat luar biasa. Untuk mencapai ke Pulau Tidung, wisatawan harus menyeberangi laut menggunakan perahu atau kapal kecil dari Muara Angke. tarif naik perahu ke Pulau Tidung bervariasi sekitar Rp. 30.000 – 50.000. Pemberangkatan kapal/perahu ke Pulau Tidung biasanya hanya sekali yaitu waktu pagi hari.

Fasilitas dan Keindahan Pulau Tidung
Aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di Pulau ini ? Di Pulau Tidung kita bisa berenang di laut yang begitu jernih. Saking jernihnya, dasar laut bisa terlihat dengan jelas dengan kasat mata. Pengunjung juga bisa melakukan snorkling dan melihat terumbu karang serta beragam ikan hias laut yang didominasi ikan ikan kecil. Sedangkan di garis pantai, pengunjung juga masih bisa bermain pasir putih yang cukup bersih dan lembut.

Jembatan cinta Pulau Tidung
Jembatan cinta Pulau Tidung

Pulau Tidung sebenarnya terdiri dari beberapa pulau kecil lagi dengan dipisahkan oleh air laut yang cukup dangkal. Untuk menuju pulau satu ke pulau kecil lain, terdapat jalan/jembatan yang terbuat dari kayu. Melalui jembatan Pulau Tidung ini sensasi yang kita dapat sungguh mengagumkan karena seolah berjalan di atas lautan yang jernih. Ada satu jembatan yang cukup unik bernama jembatan cinta. Disebut jembatan cinta karena bentuknya yang dibuat agak meninggi agar dapat dilalui perahu di bawahnya. Karena bentuknya yang membentuk kurva tersebutlah kemudian jembatan di Pulau Tidung ini dinamai Jembatan Cinta. Mitosnya, pasangan yang melewati jembatan ini dapat langgeng hubungannya.

Penginapan Murah di Pulau Tidung
Untuk fasilitas akomodasi, di Pulau Tidung terdapat beberapa penginapan murah dengan tarif menginap hanya 150.000-400.000/kamar untuk 2-8 orang. Di Pulau tidung kita juga bisa menyewa peralatan selam dan snorkling dengan tarif sewa Rp. 25.000-40.000/jam. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah mengelilingi pulau Tidung dengan bersepeda. Tak perlu membawa sepeda sendiri ke sini, sebab sudah ada persewaan sepeda dengan tarif Rp. 15.000/jam. bagaimana? tertarik untuk menikmati keindahan Pulau Tidung Kepualauan Seribu ?

Salah satu penginapan di Pulau Tidung
Salah satu penginapan di Pulau Tidung