Pameran patung setahun penuh di Jalan Malioboro

Sebanyak 13 patung dari 13 perupa yang dipasang di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer sejak awal Oktober menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama Yogyakarta itu.

Seorang seniman patung, Timbul Raharjo mengatakan, ide untuk menjadikan Malioboro ruang ekspresi dan pamer karya patung sebenarnya sudah muncul sejak empat tahun lalu. Namun baru tahun 2014, mimpi itu bisa diwujudkan.

“Seniman ingin menghadirkan karyanya agar lebih dekat dengan masyarakat,” kata Timbul.

Mobil  melintas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk "Out Door Sculpture Exhibition 2014" dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.
Mobil melintas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk “Out Door Sculpture Exhibition 2014” dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.

Pameran patung bertajuk “Out Door Sclupture Exhibition 2014” juga digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-258 Kota Yogya. HUT Kota Gudeg diperingati setiap 7 Oktober. Patung-patung tersebut bakal dipajang di Jalan Malioboro selama setahun penuh.

Belasan perupa seni tiga dimensi itu memamerkan karya dengan beragam tema dan bahan. Bahan yang digunakan untuk membuat patung tersebut di antaranya plat besi, stainless steel, bambu, polyester resin, kayu, fiber glass hingga metal.

Seniman lain, Dunadi menghadirkan karya patung dengan ukuran yang sangat besar berjudul “Bertautan”. Ia membuat karya berukuran besar dengan harapan karyanya bisa mencerminkan kebesaran Kota Yogyakarta.

Becak melintas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk "Out Door Sculpture Exhibition 2014" dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.
Becak melintas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk “Out Door Sculpture Exhibition 2014” dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.

Dalam karyanya, Dunadi menampilkan keluarga gajah yang terdiri dari dua induk gajah dan seekor anak gajah yang saling bertautan. “Gajah itu binatang yang besar sebagai simbol bahwa banyak orang-orang besar yang dilahirkan di Yogyakarta,” katanya.

Patung Gajah karya DUnadi sengaja diberi warna putih agar para pengunjung bisa berinteraksi dengan karyanya dengan membubuhkan pesan atau tanda tangan pada tubuh gajah. “Silakan ditulisi pesan atau tanda tangan. Dalam satu tahun ke depan, gajah ini akan sangat berbeda namun justru membawa kenangan yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap seluruh masyarakat bisa menghargai karya-karya seniman yang dipamerkan di Malioboro. “Silakan berinteraksi dengan patung namun juga ikut menjaga kebersihan di sekitar patung,” katanya.

Warga beraktivitas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk "Out Door Sculpture Exhibition 2014" dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.
Warga beraktivitas di dekat patung yang dipamerkan di kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Senin (6/10). Pameran patung bertajuk “Out Door Sculpture Exhibition 2014” dengan menampilkan sebanyak 13 patung karya 13 perupa yang dipajang di sepanjang Jl. Malioboro hingga Titik Nol Kilometer tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-258 juga untuk menambah semarak suasana tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Noveradika/Rei/pd/14.