Pantai Goa Cemara, pantai unik dengan nuansa asri

Pantai goa cemara menjadi salah satu objek wisata di kabupaten bantul yang tengah menggeliat. Pantai yang menggantikan Pantai Samas ini memang menawarkan keunikan tersendiri. Di pantai ini kita akan melihat “Goa Cemara”. Goa yang dimaksud di sini bukan merupakan arti secara harfiah melainkan merupakan kumpulan pohon cemara udang yang tertanam rapi di sepanjang pantai. Karena daun dan rantingya sangat lebat dan bertubrukan satu sama lain maka kumpulan pohon cemara ini membentuk lorong yang mirip dengan Goa. Inilah alasan mengapa pantai ini dinamakan Goa Cemara.

Di pantai ini kita bisa menikmati keindahan pantai laut selatan dengan ciri khas ombak yang cukup besar. Garis pantainya memang tak terlalu landai, sehingga memang tidak disarankan untuk mandi dan berenang di pantai ini. Meski demikian, pengunjung dapat menikmati panorama lain dan bermain main di bawah deretan pohon cemara. Meski di bawah terik matahari, bermain di pantai ini tak akan membuat kita menjadi gerah. Sebab, teriknya matahari akan ditangkis oleh rimbunnya pohon cemara yang ada.

Pantai Goa Cemara Bantul
Pantai Goa Cemara Bantul

Cemara udang yang ada di Pantai goa cemara awalnya ditanam sebagai upaya agar pantai tidak terjadi abrasi secara berlebihan. namun lama kelamaan justru menjadi pemandangan menarik yang akhirnya membuat pantai ini terkenal. pantai goa cemara sangat cocok untuk aktivitas foto selfie atau foto pre wedding dengan background pohon cemara yang sangat artistik. Di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dengan nuansa tradisional berjejer di sekitar pantai dengan menu masakan seafood. Objek wisata ini layak untuk Anda singgahi jika berkunjung ke pantai parangtritis Jogja karena jaraknya yang cukup dekat.

Pantai Goa Cemara sangat cocok untuk foto-foto
Pantai Goa Cemara sangat cocok untuk foto-fototo

Denah Lokasi Pantai goa cemara

Pantai Goa Cemara terletak di kecamatan Sanden Kabupaten bantul dengan jarak sekitar 20 km barat Pantai Parangtritis atau sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Jika Anda dari Kota Jogja dan ingin menuju ke Pantai Goa Cemara, ambil arah menuju jalan Bantul ke selatan lurus terus sampai jalan Samss, lurus sampai ke daerah Sanden (Lapangan Murtigading) kemudian ambil jalan kanan agak sempit lurus lagi ada pertigaan ambil kiri. Atau jika masih kurang jelas, berikut ini Peta menuju Pantai goa cemara.

Peta menuju Pantai Goa Cemara
Peta menuju Pantai Goa Cemara

Harga Tiket Masuk pantai Goa Cemara.

objek Wisata ini sudah dikelola oleh Pemkab bantul di bawah naungan dinas Pariwisata. harga tiket masuk pantai goa Cemara adalah Rp 5.000 untuk satu motor dan dua penumpang. Cukup hemat bukan? fasilitas yang ada di pantai goa cemara adalah kamar mandi, Mushola, parkir, dan Warung makan.