Keindahan Pantai Sawarna Lebak Banten yang masih asri

Pantai Sawarna Banten – Sebagai wilayah yang sebagian besar merupakan wilayah perairan, Indonesia kaya akan potensi wisata baharinya, termasuk wisata pantai yang satu ini, yang terletak di Banten, tepatnya di Desa Sawarna, Kabupaten Lebak yang mempunyai potensi wisata pantai yang mulai menarik perhatian para penggemar wisata pantai karena pemandangan pantainya yang cukup berbeda dengan kebanyakan wisata pantai yang ada di Indonesia. Akan tetapi, wisata pantai di Desa Sawarna hanyalah satu dari sekian potensi wisata yang ditawarkan oleh Desa Sawarna ini, karena masih banyak potensi wisata alam lain yang akan memanjakan mata.

Desa Sawarna
Desa Sawarna

Wisata alam memang merupakan potensi wisata unggulan di daerah ini karena memang wilayah ini masih tergolong sebagai wilayah yang cukup terpelihara lingkungannya. Beberapa potensi wisata alam yang ditawarkan Desa Sawarna antara lain adalah pemandangan khas pedesaan dengan landscape cungai, hutan, goa, agrowisata, dan tentu saja pantainya yang terkenal.

Pantai Sawarna, demikian pantai tersebut dinamakan, merupakan rangkaian pantai selatan Pulau Jawa yang mempunyai ciri khas ombaknya yang cukup besar dan ganas.

Mempunyai panjang garis pantai kurang lebih 65 km, Pantai Sawarna mempunyai air jernih, pasir putih, dan dihiasi perbukitan hijau dan karang. Pantai Sawarna cukup mudah untuk ditemukan, kurang lebih berjarak sekitar 150 km dari kota Rangkasbitung.

Tanjung Layar Pantai Sawarna
Tanjung Layar Pantai Sawarna

Lokasi Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna bisa ditemukan melalui dua jalur berbeda yaitu jalur barat dan jalur timur. Jalur barat merupakan jalur yang melewati Tol Jagorawi, Ciawi, Cibadak, Pelabuhan Ratu kemudian sampai ke Desa Sawarna. Sementara jalur timur, jalur yang harus ditempuh adalah Tol Merak, Serang Timur, Pandeglang, Gunung Kencana, Malingping, Bayah, dan kemudian menuju Desa Sawarna. Meskipun tersedia dua jalur berbeda, jalur timur lebih disarankan karena jalur barat merupakan jalur yang cukup sepi dan kurang tersedia fasilitas publik yang memadai seperti Pom Bensin ataupun rumah makan.

Penginapan dekat Pantai Sawarna

Penginapan dekat pantai Sawarna
Penginapan dekat pantai Sawarna

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi Desa Sawarna dan pantainya, satu hari akan terasa sangat kurang disamping banyak waktu yang akan hilang selama perjalanan. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan tempat penginapan, karena di masyarakat Desa Sawarna menyediakan homestay-homestay yang nyaman untuk wisatawan dengan biaya yang cukup murah hanya sekitar Rp 100.000 non AC, dan Rp 200.000 AC. Biaya tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari.

Harga Tiket masuk Pantai Sawarna

Harga Tiket masuk ke Pantai Sawarna adalah Rp. 5.000 per orang.

Sebagai desa yang menawarkan potensi wisata alam yang masih tergolong alami, secara keseluruhan Desa Sawarna tidak mempunyai fasilitas publik modern yang mencukupi, seperti lampu penerangan jalan, kondisi jalanan yang tidak terlalu bagus, warung-warung makan, ataupun ATM. Maka, wisatawan bisa menyiasati akan hal tersebut jika ingin mengunjungi desa wisata Sawarna.