Pesona Pantai Klayar, dengan Patung Spinx dan Seruling Laut

Pantai Klayar mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Pantai yang berada di kabupaten Pacitan ini memang kalah pamor dengan pantai Teleng Ria yang selama ini menjad objek wisata andalan Pacitan. pantai Klayar memang belum lama terkenal. Pantai ini menyeruak dan mulai populer akibat efek viral media sosial. Baru dua tahun terakhir pntai ini mulai dikea dan kini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Ombak di Pantai Klayar (Zezen)
Ombak di Pantai Klayar (Zezen)

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Klayar

Panti Klayar tepatnya terletak di desa Klatak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini dapat ditempuh dengan jarak seitar 40 km dari pusat kota Pacitan dengan waktu temph sekitar 3 jam, tepatnya sebelah barat. Pantai ini masih satu deretan denga Pantai Teleng Ria. JIka ditempuh dari Jogja, berjarak sekitar 110 km dengan rute Jogja – wonosari – wonogiri – pacitan. Untuk menuju ke Pantai Klayar sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena rute jalan menuju Pantai Klayar masih sempit dan belum ada jalur transportasi umum.

Keindahan Pantai Klayar

Pantai Klayar menyuguhkan beragam keindahan alam yang pati membuat kita takjub dibuatnya. Pantai ini sebenanya berupa teluk yan diapit oleh tebing dan karang di kiri kanan pantai. Pantai ini memang memiliki keunikan tersendiri karena terdapat patung sphinx, air mancur alami, dan air terjun karang. Kontur pantai yang berupa pantai karang memang membuat Klayar memiliki pemandangan yang indah.

Patung Sphinx

Sphinx di Pantai Kalayar
Sphinx di Pantai Kalayar

Hal yang paling unik di pantai klayar adalah berdiri megahnya karang setinggi 50 meter di bagian timur pantai. Karang ini sepintas mirip patung singa Sphinx yang ada di Mesir. Selain karang berbentung patung Sphinx ini juga ada beberapa karang raksasa yang senantiasa diterjang ombang.

Air Mancur Alami

Air mancur alami Pantai Klayar
Air mancur alami Pantai Klayar

Di pantai ini pengunjung juga dapat melihat pancuran air alami yang memancar vertikal setinggi 10 meter. Air mancur ini terbentuk akibat hempasan ombak yang masuk ke rongga di bawah karang, kemudian memancar ke atas melalui lubang yang ada di batu karang. Air mancur alami ini terjadi berulang secara periodik dengan ketinggian tergantung dari kerasnya deburan ombak yang masuk. Jika tak ada ombak, rongga karang ini juga akan memunculkan suara suara aneh yang sering disebut sebagai seruling laut.

Air terjun klayar

Air terjun Pantai Klayar
Air terjun Pantai Klayar

Keunikan terakhir adalah adanya air terjun. Air terjun ini merupakan hasil ombak yang menyapu ke karang dan jatuh kembali ke laut sehingga membentuk air terjun.

Dengan banyaknya keunikan yang ada di Pantai Kalayar ini, tentu saja sangat bagus untuk diabadikan dalam foto dengan latar belakang menara karang raksasa yang sangat awesome. Di hari hari biasa, pantai ini cukup sepi dan hanya ada beberapa wisatawan atau Nelayan saja. Pantai Klayar baru mulai ramai ketika akhir pekan atau hari libur tiba.

Harga tiket masuk Pantai Klayar

  • Harga tiket masuk Pantai Klayar adalah Rp. 2000 per orang
    Tarif Parkir Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil
  • Penginapan dekat pantai Klayar

Di sekitar pantai sudah terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan, mushola, dan kamar kecil. Sedangkan untuk penginapan, di dekat Pantai terdapat beberapa homestay dengan tarif menginap Rp. 100.000 per kamar per malam. Baca juga wisata jatim lainnya Pantai Papuma