Putri cantik di Air Terjun Nglirip

Objek Wisata Air Terjun Nglirip terletak desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, di sebelah timur Kompleks pemakaman “Mbah Jabar”. Sekitar kurang lebih 38 KM ke arah barat dari Kota Tuban.

Air Terjun Nglirip (tubaninfo)
Air Terjun Nglirip (tubaninfo)

Ada angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Anda bisa menumpangi angkot dengan rute Montong. Setidaknya ada dua alternatif yang bisa Anda tempuh untuk mencapai kawasan Objek Wisata Air Terjun Nglirip Tuban.


Alternatif pertama, Anda naik dari Terminal Tuban jurusan Montong, lalu dilanjutkan dengan angkot jurusan Jojogan.

Alternarif kedua, dari terminal yang sama, Anda naik bus jurusan Jatirogo. Perlu diperhatikan, bagi yang memilih alternatif kedua, bahwa bus akan istirahat sejenak di Terminal Kabupaten Bojonegoro dan di lanjutkan kembali sampai Jatirogo. Anda turun di pertigaan Warung Anjlok, yang masih berada di wilayah Jojogan. Perjalanan masih sekitar 1 km lagi untuk mencapai Objek Wisata Air Terjun Nglirip Tuban Jawa Timur ini. Anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik angkot jurusan Montong.

Air Terjun Nglirip (infoindo45)
Air Terjun Nglirip (infoindo45)

Air terjun indah ini memiliki ketinggian lebih dari 25 meter. Mata airnya sendiri berasal dari hutan Kerawak yang berada kurang lebih 3KM dari air terjun ini. Tetapi saya sarankan jika berkunjung pada saat musim hujan harus berhati-hati saat di bawah air terjun, karena volume air bisa saja tiba-tiba bertambah deras.

Selain keindahan alamnya, air terjun ini juga menyimpan mitos yang sampai sekarang masih dipercayai masyarakat sekitar. Menurut mitos, ada semacam gua dibalik air terjun ini yang konon terdapat roh seorang wanita yang menanti kekasihnya sampai sekarang. Terkadang tampak juga seorang putri yang cantik sedang membatik. Ada pula versi yang bercerita tentang putri berparas cantik sedang bermain air terjun dengan ditemani putri-putri pengawalnya. Banyak masyarakat yang masih mepercayai keberadaan Putri Nglirip ini.