10 Obyek wisata Jogja yang harus dikunjungi

Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Wisata jogja yang wajib dikunjungi – Kota kecil di Pulau Jawa bagian selatan ini memang selalu mempunyai kesan tersendiri bagi para pendatang yang pernah tinggal di Yogyakarta. Suasana yang unik dan banyaknya tempat wisata menjadikan kota ini selalu dirindukan. 10 mungkin terlalu sedikit, tetapi setidaknya 10 tempat wisata jogja ini bisa menjadi pertimbangan jika anda mengunjungi Yogyakarta.

Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1.  Candi Prambanan
Candi Hindu terbesar di Indonesia yang mempunyai mitos menarik di balik pembangunannya. Mempunyai relief yang menceritakan tentang Ramayana dan Krishnayana, Candi Prambanan berlokasi sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur, sangat mudah menemukan candi ini karena posturnya yang menjulang tinggi.

2.  Pantai Parangtritis
Pantai yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Yogyakarta. Terletak sekitar 25 km di sebelah selatan kota Yogyakarta, pantai ini merupakan ujung selatan garis imajiner yang membentang dari Gunung Merapi. Salah satu keistimewaan pantai ini adalah adanya gumuk pasir di sepanjang pantai. Kisah Kanjeng Ratu Kidul juga menambah daya tarik pantai ini.

3. Malioboro
Jalan legendaris di sebelah utara Kraton Yogyakarta. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat toko-toko dan kios yang menjual berbagai suvenir maupun oleh-oleh khas Yogyakarta. Tetapi yang menjadikan jalan ini berbeda adalah suasananya yang khas. Suasana khas kota Yogyakarta akan muncul di jalan ini begitu malam datang. Banyak seniman dan sastrawan handal Indonesia yang lahir dari jalan ini. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. (Baca: penginapan murah dekat malioboro)

4. Goa Jomblang
Salah satu wisata alam yang menarik di Kabupaten Gunung Kidul. Terkenal karena adanya cahaya surga, yaitu cahaya matahari yang menyinari dasar goa. Ya, Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang di dasarnya terdapat hutan purba. Untuk menikmati cahaya surga, waktu yang disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar jam 10 pagi sampai dengan 12 siang.

5.  Arung Jeram Sungai Elo
Ingin menikmati wisata ekstrim di Yogyakarta? Datanglah ke Sungai Elo. Wisata ini cocok untuk keluarga yang ingin menikmati sensasi berbeda menghabiskan waktu liburan bersama. Arusnya yang tidak terlalu berbahaya, dan aliran sungainya yang selalu mengalir bisa dinikmati kapan saja.

6. Kraton Yogyakarta
Tempat yang harus dikunjungi di Yogyakarta. Mempunyai bentuk yang berbeda dengan Kraton Surakarta, Kraton Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Setiap harinya wisatawan akan disuguhi kesenian yang berbeda-beda di dalam Kraton. Museum Sultan Hamengkubuwono IX yang terletak di dalam Kraton juga menjadikan tempat ini semakin lengkap.

7.  Kebun Binatan Gembira Loka
Mempunyai koleksi yang lengkap dari seluruh dunia, Kebun Binatang Gembira Loka menjadi tempat yang cocok bagi rekreasi keluarga sekaligus memberikan edukasi bagi putra-putri anda yang ingin mengenal lebih dekat tentang hewan. Banyak pengalaman yang akan didapat di kebun binatang ini karena pengelola memberikan wahana permainan yang bermacam-macam seperti menunggang gajah, berfoto bersama hewan, dan lain-lain.

8.  Gunung Merapi
Wisata jogja yang juga wajib dikunjungi jika datang ke Yogyakarta yang selanjutnya adalah Gunung Merapi. Merupakan laboratorium vulkanologi terbesar di dunia, menjadikan gunung legendaris ini sering digunakan sebagai tempat penelitian ilmuwan-ilmuwan asing maupun lokal. Terkenal karena kisah tentang Mbah Petruk, gunung ini juga menawarkan jalur pendakian dan pemandangan yang luar biasa di pagi hari.

9. Reruntuhan Kraton Baka
Situs reruntuhan Kraton Baka terletak di sebelah selatan Candi Prambanan dan masih berada di wilayah yang sama. Situs Kraton Baka terletak di dataran tinggi dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Salah satu landscape yang paling terkenal dari situs ini adalah gerbang kraton yang sering digunakan sebagai lokasi favorit fotografer. Setiap malam bulan purnama, diselenggarakan pementasan seni tari yang berjudul “Purnama Hamengku Baka” di depan gerbang kraton.

10.  Taman Sari
Pemandian khusus keluarga Kraton di masa lalu yang dibuka untuk umum. Terletak tidak jauh dari pusat kota, Taman Sari menawarkan arsitektur unik dimana terdapat masjid bawah tanah yang menjadi salah satu lokasi favorit para pemburu foto. Untuk menikmati tempat yang juga digunakan sebagai benteng pertahanan ini pengunjung dikenakan tiket seharga Rp 5000 saja.

Itulah 10 tempat wisata jogja yang wajib Anda kunjungi jika bertandang ke Daerah Istimewa ini, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat tempat menarik lainnya yang ada di Kota ini, namun keterbatasan kata membuat penulis merekomendasikan 10 yang terbaik saja , selamat berlibur 🙂