11 Tempat wisata Bogor yang wajib dikunjungi travelers

Taman Safari Cisarua
Taman Safari Cisarua

Wisata Bogor yang wajib dikunjungi – Sebagian besar warga Jakarta dan sekitarnya menjadikan Bogor sebagai kota berlibur favorit mereka di akhir pekan. Selain itu, warga dari seluruh Indonesia juga pasti tertarik untuk mengunjungi Bogor karena udaranya yang sejuk dan berbagai tempat wisata menarik yang ada disana. Apa saja sih tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Bogor? Ini dia tempat-tempatnya.

Kebun Raya Bogor

Istana Bogor
Istana Bogor

Kebun Raya Bogor adalah tempat tumbuh bagi lebih dari 15.000 jenis tumbuhan dan memiliki luas lebih dari 85 hektar. Banyaknya tumbuhan serta tempatnya yang luas menjadikan kebun botani ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik keluarga sambil mengajarkan anak tentang tumbuh-tumbuhan. Dengan harga tiket masuk hanya Rp.14.000 per orang, tidak heran kalau setiap akhir pekan, Kebun Raya Bogor selalu padat.

The Jungle Water Park

The Junggle Water Park
The Junggle Water Park

The Jungle Water Park adalah sebuah wahana wisata air yang sangat lengkap dan sangat cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan hari libur yang menyenangkan, tempat ini akan membuat anak-anak kecil senang karena bisa bermain air sepuasnya. Selain wahana air, tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas lain seperti cinema 4D, taman burung serta akuarium raksasa. Berlokasi di perumahan Bogor Nirwana Residence, The Jungle Water Park memiliki tiket masuk seharga Rp. 80.000 per orang.

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede
Danau Situ Gede

Wisata Bogor  yang satu ini merupakan tempat rekreasi sehari-hari bagi warga Bogor, terutama yang gemar memancing, ingin naik perahu mengelili danau atau sekedar jalan-jalan di hutan yang rimbun dan melihat air danau yang tenang. Dengan luas sekitar 6 hektar, Danau Situ Gede dikelilingi hutan rimbun yang membuat suasana menjadi rindang. Apalagi, jika beruntung, pengunjung bisa bertemu dan bermain dengan rusa penghuni tempat tersebut.

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Park
Marcopolo Water Park

Berlokasi di Jalan KH. Soleh Iskandar No.1, Bogor, ini dia satu lagi taman wisata air di Bogor, namanya Marcopolo Water Adventure. Taman air satu ini mempunyai banyak sekali fasilitas yang membuat liburan makin menyenangkan seperti water boom, kolam air panas, kolam renang anak dan bayi, kolam renang dewasa, kolam arus dan lainnya. Selain itu, ada juga flying fox, sepeda air, balon air hingga memancing serta fasilitas lainnya. Harga tiket untuk memasuki Marcopolo Water Adventure adalah Rp. 55.000

Taman Wisata Mekar Sari

Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari

Wisata bogor yang wajib dikunjungi lainnya adalah Taman Wisata Mekar Sari. Inilah dia salah satu tempat wisata taman buah paling terkenal di Bogor dan bisa disebut sudah menjadi ikon kota Bogor, “Belum ke Bogor kalau belum ke Mekar Sari”. Dengan luas lahan mencapai 264 Hektar dan berbagai macam fasilitas rekreasi menyenangkan bagi keluarga, pantaslah jika warga Jakarta dan sekitarnya bahkan warga dari seluruh Indonesia ingin mengunjunginya untuk melepas lelah dan berwisata serta merasakan wisata petik buah di Mekar Sari. Taman Wisata Mekar Sari juga memiliki wahana Water Kingdom, wisata air terbesar di Asia.

Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua
Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua berada di kawasan wisata Puncak yang tentunya akan memberikan pengalaman berwisata sejak di perjalanan hingga sampai di tempat wisata tersebut. Di taman safari ini, Anda bisa berinteraksi pada siang maupun malam hari dengan para binatang di habitat aslinya. Harga tiket masuk Rp. 140.000 per orangnya.

Tapi, perlu diingat bahwa saat weekend seperti hari Sabtu atau Minggu serta hari libur nasional, kawasan puncak memberlakukan sistem satu arah. Yaitu satu arah naik di jam  09.00 – 11.30 dan satu arah turun di interval jam 15.00 – 18.00.

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang

Berlokasi sekitar 5 Km dari Bogor, lebih tepatnya lagi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari. Kampung Budaya ini tertua di Bogor, bahkan dipercaya sudah ada sejak Kerajaan Sunda di abad ke-7. Ada apa di Kampung Budaya Sindangbarang? Ada peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari berbaai kesenian sunda hingga menikmati suasana desa khas Jawa Barat yang tenang.

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Melepas lelah sekalian merawat kulit dengan berendam di air panas belerang. Kira-kira itulah yang ditawarkan oleh objek wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Tempat pemandian air panas ini merupakan objek wisata yang digemari oleh warga Bogor dan sekitarnya.

Fasilitas yang ditawarkan pun bisa membuat anak-anak senang. Harga tiket masuk hanyalah Rp.10.000 per orangnya. Namun, harap hati-hati dengan oknum  yang berusaha menjual tiket secara tidak resmi dengan harga diatas normal.

Museum Zoologi Bogor

Tak hanya menawarkan keindahan alam dan taman bermain, wisata bogor juga menyediakan wsiata edukasi melalui museum zoologi. Museum ini memiliki koleksi hewan yang diawetkan serta fossil hewan. Koleksi hewan yang dimiliki oleh Museum Zoologi Bogor ini cukup lengkap bahkan mencapai puluhan ribu. Tempat wisata ini sangat pas dijadikan sebagai tempat wisata keluarga sekaligus wisata edukasi bagi anak-anak. Tempatnya yang terletak di dalam kawasan Kebun Raya Bogor membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Warso Farm

Lebih dikenal dengan Kebun Durian dan Buah Naga Warso, tempat ini menawarkan wisata perkebunan buah yang sama menariknya dengan Mekar Sari. Terletak di Desa Cihideung, sekitar 10 Km dari pusat kota. Tempat ini sangat mudah untuk ditemukan karena pada gerbang depannya terdapat replica buah durian dan buah naga berukuran raksasa.

Dengan luas 8 Hektar, Warso Farm menawarkan pengalaman berwisata yang akan sulit ditemukan di tempat wisata serupa.

Air Panas Ciparay

Satu lagi objek wisata pemandian air panas di Bogor, Air Panas Ciparay yang masih sangat alami. Kenapa? Untuk mencapainya, Anda harus menurunin sekitar 400 anak tangga, tapi rasa lelah tidak akan terasa karena pemandangan yang indah selama perjalanan serta lelah akan seketika hilang saat sudah berendam di pemandian air panas. Tiket masuknya pun hanya Rp. 4.000 per orangnya.

Itulah 11 tempat wisata bogor yang wajib dikunjungi. Bogor merupakan kota yang menawarkan berbagai jenis objek wisata seperti wisata perkebunan, wisata keluarga hingga wisata edukasi, dan yang terpenting jaraknya bisa ditempuh dari Jakarta menggunakan kendaraan bermotor atau kereta api. Jadi, sudah tentu bogor menjadi tempat wisata di akhir pekan pilihan para warga Jakarta dan sekitarnya.