5 Keunikan otak manusia yang jarang diketahui

Setelah banyak dilakukan riset dan penelitian oleh para ahli, sedikit demi sedikit kini terkuak beberapa sisi misterius dari otak kita. yang mungkin sebelumnya kita tidak mengetahui akan hal tersebut. Otak manusia merupakan organ vital dari manusia itu sendiri, tanpa otak manusia tidak dapat hidup.


Otak manusia itu sendiri terdiri dari 100 milyar syaraf (neuron) yang saling berkaitan dan mempunyai tugas yang berbeda beda, seperti yang dikutip dari Howstuffworks tentang fakta seputar otak yang belum banyak diketahui.
Berikut ini 5 Keunikan otak manusia yang jarang diketahui :

Otak kita akan tetap aktif walaupun sudah dipenggal

Menurut penelitian dan beberapa pengalaman mengenai otak, otak akan tetap aktif beberapa detik pasca kepala terpenggal, ini terjadi karena syaraf syaraf otak masih bekerja mempunyai muatan dari sumsum tulang belakang, namun para dokter percaya ini hanya merupakan kedutan otot pasca kepala manusia terpenggal.

Dr Harold Hillman, yaitu adalah seorang mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surreymengatakan bahwa kematian dapat terjadi ketika otak dan sumsum tulang belakang terputus.

Otak dapat mempelajari alam bawah sadar

Tahukah anda sebelumnya bahwa otak anda sebenarnya mampu mempelajari alam bawah sadar anda. alam nawah sadar merupakan pikiran yang tidak diketahui oleh seseorang dan berada pada keadaan tidak sadar, alam bawah sadar akan mememngaruhi perilaku orang tersebut, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan hal ini untuk melakukan suatu promosi agar orang tersebut dapat mau memberi produknya. Tapi alam sadar ini bukan tergolong hipnotis.

Otak memiliki warna abu abu

Mungkin anda sebelumnya berfikir bahwa otak anda berwarna putih sama seperti otak hewan, akan tetapi disini warna otak manusia memiliki perbedaan dengan warna otak hewan , manusia memiliki warna otak abu abu.
Hal ini sudah dibuktikan dengan menyimpan otak di dalam stoples, walaupun otak disimpan dalam stoples dan dalam keadaan berdenyut akan tetap memiliki warna abu abu. Namun ada juga yang berwarna putih. Warnaputih ini merupakan syaraf syaraf untuk menghubungkan materi abu abu.

Obat-obatan menyebabkan lubang pada otak

Sebenarnya penggunaan obat obatan seperti mariyuana dapat mengakibatkan hilangnya sedikit memori pada otak kita, selain itu kokain dan ekstasi juga dapat menyebabkan lubang pada otak kita, selain obat obatan ada lagi hal yang mengakibatkan lubang pada otak kita yaitu karena trauma atau benturan fisik.

Selain itu dengan menggunakan obat obatan dalam waktu yang panjang akan mengakibatkan pertumbuhan otak menjadi tidak sempurna secara permanen sehingga sangat sulit untuk mengubah ke bentuk semula.

Otak manusia merupakan yang terbesar

Binatang dapat melakukan aktivitasnya menggunkan otaknya, namun jika dibandingkaan dengan manusia otak manusialah yang paling besar, otak manusia memiliki berat sekitar 1,316 kilo gram, yang pada penelitian hampir sama dengan hewan tercerdas yaitu lumba lumba.

Namun bukan berarti otak manusia sama dengan lumba lumba, lumba lumba hanya bisa menggunakan otaknya untuk berburu saja akan tetapi manusia bisa digunakan untuk banyak hal. Demikian 5 Keunikan otak manusia yang jarang diketahui, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda.