8 Sifat yang wajib ditanamkan pada anak sejak dini

Mendidik anak sejak dini diperlukan karena pada usia anak, mereka mudah sekali menirukan dan merekam dalam ingatan apa yang mereka lihat dan dengar. Untuk mencegah dampak kurang baik pada anak saat mereka beranjak dewasa nantinya, baiknya anda coba tanamkan sifat berikut kepada anak anda sejak kecil.

Inilah 8 sifat yang wajib ditanamkan pada anak sejak dini :

Jujur

Sifat jujur adalah modal utama atau dasar seseorang agar menjadi pribadi yang baik. Jika ditanamkan sifat jujur sejak masih anak-anak maka akan membawa pengaruh positif. Anak yang dibiasakan untuk berlaku jujur jika beranjak dewasa bisa berpikir 100x saat harus berbohong karena dia tahu jika perbuatan tidak jujur adalah perbuatan yang melanggar aturan dan mendapat dosa.

Disiplin

Setelah kejujuran maka sifat yang wajib ditanamkan pada anak sejak dini yaitu disiplin. Anak yang dibiasakan bersikap disiplin sejak dini maka akan menjadi seorang yang tepat waktu dan tidak bersikap curang. Selain itu sifat disiplin dapat memberi nilai plus saat anak tersebut sudah bekerja.

Taat terhadap agamanya

Pendidikan agama memang sudah seharusnya ditanamkan kepada anak semenjak kecil, ajarkan tentang mana yang baik dan buruk, tentang yang boleh dilakukan dan yang tidak. Karena dengan penanaman pengetahuan tentang agama, anak akan menjadi terarah ke depannya.

Mandiri

Kemandirian disini maksutnya mengajarkan anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri sebisanya dan bila ada yang tidak dimengerti baru bertanya, sehingga anak menjadi tidak tergantung kepada orang lain serta mengetahui mana tugas dan kewajibannya sesuai kemampuannya. Karena jika dari kecil sudah tergantung kepada orang lain akan menyebabkan manja dan suka menuntut.

Terbuka

Keterbukaan pada keluarga sangat diperlukan, karena dengan keterbukaan antar anggota keluarga, akan terbentuk keluarga yang demokratis. Anak diajarkan untuk mengungkapkan pendapat dan usulannya sehingga orangtua menjadi tahu apa yang dirasakan oleh sang anak. Selain itu, anak juga harus dibiasakan untuk menceritakan apa saja kegiatannya di luar rumah, sehingga orangtua tahu bagaimana anak bila di luar rumah.

Bertanggung jawab

Setiap orang harus memiliki sikap tanggungjawab terhadap apapun yang dilakukan dan diucapkan. Jadi ajarkan anak untuk memiliki sikap tanggung jawab terhadap pilihannya yang diambil, baik perbuatan maupun perkataan. Karena dengan memiliki rasa tanggungjawab akan membuat orang berfikir ulang bila akan mengerjakan sesuatu hal, menimbang baik dan buruknya, serta tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

Tegas dan Pantang menyerah

Ketegasan diperlukan untuk menentukan dalam mengambil keputusan. Bila anak sudah dibiasakan tegas dalam hal memilih, sudah pastilah dia ke depannya akan memikirkan segala kemungkinan dari pilihan yang diambil. Sikap pantang menyerah mengajarkan anak untuk selalu berusaha dengan giat dan sungguh-sungguh untuk mencapai apa yang diinginkan. Dengan ketegasan dan pantang menyerah, diharapkan anak jika dewasa nanti menjadi lebih tangguh dalam menghadapi masalah dan hal apapun.

Penuh kasih sayang dan cinta

Hal yang juga harus diajarkan kepada anak sejak dini yaitu untuk memiliki cinta kasih kepada semua orang. Dengan diajarkan sifat penuh cinta kasih, anak diharapkan tidak menyakiti orang lain baik perasaan maupun fisik, menjadi pemaaf dan penuh kelembutan dalam menyayangi. Dengan cinta kasih yang diajarkan semoga kelak jika dewasa, anak memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap semua orang tanpa membeda – bedakan dan menolong tanpa pamrih.

Dengan 8 sifat di atas, diharapkan anak sejak dini sudah memiliki nilai-nilai kebaikan dalam dirinya. Sehingga jika dewasa kelak, anak akan menjadi seperti apa yang orangtua harapkan. Pendidikan kepada anak yang masih kecil juga dapat ditunjukkan dengan memberikan contoh perbuatan orangtuanya pada kehidupan keseharian sehingga anak dapat melihat langsung dan mencontoh kebaikan yang diajarkan oleh orangtuanya.