Asiknya snorkling dan diving murah di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten – jika mendengar kata snorkling atau diving, pasti alam bayangan kita yang ada adalah pantai karang dengan air laut jernih yang dangkal dengan pemandangan ikan dan biota laut lainnya. Ya, Snorkling dan Diving adalah kegiatan yang identik dengan laut, tetapi apabila ada alternatif yang lebih menguntungkan lebih murah kenapa tidak dicoba?

Bahkan, tak perlu jauh-jauh ke pantai  seperti Bunaken, atau Kepulauan Seribu untu merasakan asiknya sesnsai snorkling, karena di Klaten terdapat sebuah wisata baru yang berupa mata air yang sangat jernih, terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten.  tempat wisata yang terkenal dengan sebutan Umbul Ponggok ini menawarkan sensai snorkling yang tak kalah asiknya.  Karena memiliki mta air yang sangat jernih, pengunjung bisa menikati pemandangan ikan ikan hias di dalam kolam seperi snorkling di pantai sebenarnya. Saking jernihnya, ikan yang ada di dalam mata air dapat dilihat dari atas permukaan air.

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok dan Sewa peralatan

Untuk memasuki Umbul Ponggok ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 4000 untuk menikmati sensasi diving dan snorkling sepuasnya. Jangan khawatir apabila tidak membawa perlengkapan renang, karena di sekitar umbul sudah terdapat persewaan ban dalam, kacamata renang juga telah disediakan. Untuk menyewa perlengkapan tersebut, pengunjung dikenakan tarif Rp 14.000. Warung-warung makan juga banyak terdapat di sekitar umbul.

Umbul Ponggok ini cukup lebar dengan variasi kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2,5 meter. Mempunyai dasar yang cukup mirip dengan dasar laut, tentunya pengalaman diving dan snorkling di Umbul Ponggok ini akan mengasyikkan. Umbul Ponggok dikelola sendiri secara swadaya oleh masyarakat setempat, dan belum begitu ramai oleh pengunjung karena kurangnya publikasi.

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten

Petunjuk arah menuju Umbul Ponggok

Untuk menemukan Umbul Ponggok ini tidaklah sulit, apabila pengunjung datang dari arah Yogyakarta, cukup ambil jalur Solo. Setelah melewati Kota Klaten belok kiri pada persmpangan menuju Desa Ponggok.