Cara menghemat baterai smartphone android

Cara menghemat baterai smartphone android – smartphone android memang sangat canggih, mempunyai kemampuan yang modern dan sangat menjawab kebutuhan akan gaya hidup masa kini. Tetapi smartphone android cenderung lebih boros energi, dalam sehari bahkan harus diisi dua kali.

Fakta ini membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menghemat baterai smartphone android. Ada banyak cara sebenarnya, tapi kelima cara ini adalah yang paling mudah dan manjur untuk menghemat baterai hape android.

cara menghemat baterai smartphone android

Redupkan Cahaya layar

Cara menghemat baterai smartphone yang pertama adalah dengan mengurangi cahaya layar. Smartphone saat ini memiliki layar yang besar, dan memang terkadang membutuhkan kecerahan maksimum. Namun dengan demikian, Anda menguras baterai smartphone Anda. Pengaturan auto-brightness, yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan lingkungan pencahayaan saat ini, juga memiliki dampak negatif.

Untuk hasil terbaik, awali dengan menonaktifkan auto-brightness dan menyesuaikan tingkat kecerahan secara manual ke pengaturan terendah yang masih memungkinkan Anda untuk melihat isi layar dengan nyaman. iPhone dan perangkat Android yang paling juga memiliki pengaturan cepat untuk kecerahan di area panel notifikasi atau pusat kendali.

Matikan radio tak terpakai

Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan NFC semua menggunakan tenaga dari baterai, dan mereka memiliki fungsi masing-masing, tetapi jika Anda memerlukan koneksi tertentu pada saat itu, maka sebaiknya hanya gunakan aplikasi yang Anda butuhkan. Banyak smartphone menyediakan cara pintas untuk melakukannya langsung dari layar awal, daripada harus melalui menu Settings.

Periksa kekuatan sinyal Anda

Cara menghemat baterai smartphone Android berikutnya adalah dengan memastikan bahwa sinyal yang Anda peroleh sudah memadai.

Jika tidak ponsel akan terus mencari sinyal, dan itu membutuhkan daya. Jika Anda berada dalam situasi ini (katakanlah, Anda bepergian melalui pedesaan terpencil), sebaiknya aktifkan mode Airplane sampai Anda berada dalam cakupan area yang lebih baik.

Atau jika jaringan Wi-Fi tersedia, Anda bisa mencoba untuk menggunakannya ketimbang jaringan seluler. Karena tidak hanya membutuhkan daya baterai lebih sedikit, tetapi juga menyediakan kecepatan data yang lebih cepat.

Matikan pemberitahuan untuk aplikasi yang tidak penting

Aplikasi-aplikasi sosial media seperti Twitter, Facebook, Path atau Instagram biasanya selalu memberikan notifikasi atau pemberitahuan saat ada aktifitas di akun Anda. Memang membu nyaman dan berguna, tetapi juga mempengaruhi daya tahan baterai Anda. Untuk itu sangat disarankan untuk mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi-aplikasi yang sangat diperlukan saja.

Tutup aplikasi bila tidak digunakan

Serupa dengan tip tentang radio nirkabel, untuk menghemat baterai hape Android, sangat disarankan untuk menutup aplikasi yang terbuka yang saat ini sedang tidak digunakan, karena mereka masih berjalan di latar belakang dan memakan daya baterai smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *