Cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci

Cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci – penyakit yang satu ini memang sering jadi momok bagi peternak kelinci. Tidak tergolong penyakit berat tetapi tak jarang menyebabkan kematikan kelinci yang ironisnya menyerang bukan satu dua ekor tapi dalam skala yang cukup besar.

cara mengobati penyakit kembung

Cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci yang pertama dapat dengan melakukan peminjatan. Kembung ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh pencernan yang bermasalah atau tidak sempurna dimana terdapat gas pada usus sehingga kelinci kesulitan membuang kotoran seperti biasanya.

Cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci kedua dengan memberikan pakan yang juga obat-obatan alami yaitu berupa daun pepaya atau daun pisang. Kedua pakan alami ini selain bertindak sebagai makanan utama juga memiliki efek menyembuhkan.

Berikutnya ada lagi cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci dengan memberinya ramuan tradisional yang baik untuk pencernaannya seperti temu lawak, bawang putih, jahe.

Misalnya dengan cara menumbuk jahe atau di parut lalu campur dengan gula merah dan rebus dengan air secukupnya setelah hangat kuku saring, air saringan tersebut minumkan ke kelinci.

cara mengobati penyakit kembung bisa juga dengan menggunakan obat kimia, tentunya obat kelinci bukan obat untuk orang.

Mencret : Intertrim LA ( Suntik ) or Intertim Oral ( Product : Interchemie Holland )
Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( TMC ).

Itu dia beberapa cara mengobati penyakit kembung dan mencret pada kelinci yang bisa Anda coba. Tapi tentu mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, pastikan kandang dan kesehatan kelinci tetap terjaga serta terkendali. Sebagai peternak, atau bahkan jika hanya hobi, menjaga kesehatan kelinci itu hukumnya wajib. Di sini kita bicara tentang ketelatenan dan rasa sayang.