Cara sederhana membedakan batu bacan asli dengan palsu

Cara sederhana membedakan batu bacan asli dengan palsu – Fenomena yang baru ngetrend di kalangan masyarakat belakangan ini terutama di kalangan para kolektor benda-benda antik maupun penggemar barang-barang antik yaitu tren menggunakan dan mengoleksi batu mulia, berbagai jenis batu mulia yang sering diburu yaitu batu kalimaya, batu delima merah, batu sapphire dan batu bacan. Namun diantara batu-batu tersebut batu bacan yang paling banyak diburu oleh para penggemar batu mulia saat ini. Konon batu bacan mulai diburu dan dikenal oleh masyarakat setelah batu mulia ini dipakai juga oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, selain itu pada saat presiden Barrack Obama berkunjung ke Indonesia presiden SBY memberikan batu bacan ini sebagai oleh-oleh untuk presiden Amerika tersebut. Oleh karena itu tak heran apabila batu bacan memiliki harga yang fantastis yaitu bisa ratusan juta.
Cara sederhana membedakan batu bacan asli dengan palsu
Batu bacan
Batu bacan adalah batu khas yang hanya ditemukan di pulau bacan, Halmahera selatan di provinsi Maluku Utara. Batu yang terbentuk karena proses alami oleh alam yang berlangsung ribuan tahun ini ternyata dipercaya memiliki unsur magis dan mempunyai nyawa. Jenis batu bacan yang banyak dicari oleh para kolektor yaitu jenis batu bacan doko yang bisa ditemukan di kedalaman paling dalam pertambangan yang terdapat di pulau bacan, kebanyakan batu bacan doko berwarna hijau tua, namun serat-serat yang terdapat di dalam batu ini dapat dibersihkan sehingga batu bacan menjadi bening dan harga jualnya pun semakin mahal. Harga batu bacan bisa mencapai harga puluhan juta per butirnya, maka dari itu tak jarang banyak pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk mencari keuntungan semata. Banyak para oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual batu bacan asli tapi palsu. Oleh karena itu sebaiknya sebelum membeli batu bacan sebaiknya gunakanlah cara sederhana untuk membedakan batu bacan asli dan batu bacan mana yang palsu di bawah ini.

Caranya yaitu cukup sederhana yaitu siapkan HP atau tablet yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Setelah itu tempelkanlah batu bacan ke layar sentuh tersebut dan cobalah untuk menggerak-gerakkan layar sentuh dengan batu bacan tersebut, batu bacan yang asli dapat menggerakkan seperti jari kita. Jika batu bacan yang palsu ditempelkan dan digunakkan untuk menggerakkan layar sentuh maka tidak akan bisa. Cara ini hanya bisa dilakukan pada batu bacan asli saja, jika anda tidak percaya silahkan coba gunakan batu kerikil atau batu apa saja pasti layar sentuh tidak akan bisa digerakkan. Oleh karena hal inilah batu bacan disebut batu yang yang bernyawa.

Nah sedikit informasi mengenai cara membedakan batu bacan asli dengan yang palsu ini semoga dapat bermanfaat bagi anda sehingga dapat lebih teliti lagi sebelum membeli dan terhindar dari berbagai penipuan.