Cara yang benar memandikan bayi

Kesehatan bayi tentunya adalah hal utama yang sangat diperhatikan oleh ibu-ibu yang baru saja memiliki momongan. Hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi demi menjaga kesehatan bayi seperti pola makan, pemberian ASI eklsusif dan tentunya kebersihan bayi dan lingkungan agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara normal.

Salah satu hal yang mungkin kurang diperhatikan oleh para ibu muda yang baru saja memiliki buah hati adalah cara memandikan bayi, banyak yang keliru dan membahayakan terhadap kesehatan. Maka dari itu perlu anda ketahui terutama bagi para ibu muda dan para calon ibu muda bagaimana cara yang benar memandikan bayi di bawah ini :

Cara yang benar memandikanbayi

– Anda perlu memperhatikan suhu air mandi, terutama untuk bayi anda yang baru lahir. Sebaiknya suhu tidak terlalu dingin atau panas.

– Anda harus selalu kulit bayi anda dari kotoran seperti sisa makanan, air seni, dan tinja dengan menggunakan. Memandikan bayi anda dua kali dalam sehari, dapat membantu membersihkan kulit bayi anda, jika aktivitas ataupun gerakan bayi anda sangatlah aktif maka anda dapat memandikan bayi anda tiga kali dalam sehari.

– Pada saat anda memandikan bayi anda, anda harus memperhatikan betul sabun yang anda gunakan, sabun yang baik untuk bayi anda adalah sabun khusus untuk bayiyang tidak terlalu keras dan mempunyai nilai pH antara 4,5-5 dan usahakan sabun bayi anda agak berminyak, hal ini untuk mencegah iritasi pada kulit bayi anda. Sangat baik bilamana bilasan dilakukan tiga kali untuk membersihkan bahan kimia yang menempel. Bila kulit bayi anda terjadi iritasi dengan sabun merek tertentu maka beralihlah ke merek sabun lain. Jangan biarkan berlarut-larut.

Cara yang benar memandikan bayi

– Cara membersihkan alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan berbeda, jika anda memiliki bayi perempuan maka basuh alat kelaminya dari bagian depan ke bagian belakang atau ke bagian anus dengan menggunakan waslap atau kapas basah. Dan jika anda memiliki bayi laki-laki maka tarik kulupnya perlahan-lahan hingga tampak lubang kencingnya, barulah anda bersihkan dengan menggunakan waslap atau kapas basah.

– Apabila bayi anda buang air besar, bilaslah anus dan daerah sekitar dengan menggunakan air yang mengalir. Kalaupun terpaksa anda menggunakan tisu atau kapas basah. Anda pilih tisu basah yang khusus untuk bayi tanpa mengandung alkohol, karena kandungan alkohol dalam tisu dikhawatirkan akan membuat kulit bayi teriritasi.

– Selesai mandi anda gunakan handuk lembut agar nyaman di kulit bayi.

– Anda juga perlu menggunakan pelembab khusus bayi berupa lotion atau krim yang berfungsi untuk mempertahankan atau menambah kandungan air yang terdapat dalam kulit, khususnya untuk kulit bagian luar tubuh bayi (epidermis).

Itulah tadi cara yang benar memandikan buah hati anda, semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi anda dan sehat untuk bayi anda J