Efek negatif buah mullbery yang cukup mengejutkan

Efek negatif buah mullberyyang cukup mengejutkan – Apakah Anda tahu bahwa buah murbei manis atau mulberi memiliki efek samping? Tampaknya sulit dipercaya, bukan? Dikenal sebagai ‘Shahtuta’ dalam bahasa Hindi, buah ini terbentuk di pohon sutra.

Efek negatif buah mullbery

Mullbery memiliki segudang manfaat obat dan kesehatan. Namun, hal ternyata buah ini juga dapat menyebabkan beberapa alergi yang cukup buruk dan beberapa efek samping. Misalnya:

Efek negatif buah mullbery terhada gula dara

The American Diabetes Association (ADA) menguji efek menelan ekstrak mulberry dan sukrosa yang ternyata mempengaruhi penggunaan gula darah manusia. Sepuluh dari dua puluh non-penderita diabetes dan orang lain  penderita diabetes tipe II. Kedua kelompok orang tersebut didiagnosis dengan penurunan kadar glukosa awal setelah makan gula.

Senyawa 1-deoxynojirimycin, atau DNJ adalah penyebab utama di balik penurunan ini. Senyawa tersebu mengambil inhibitor α-glukosidase seperti acarbose dan ekstrak mulberry dan diyakini meningkatkan efek obat ini.

Efek negatif buah mullbery terhadap resiko kanker kulit

Banyak produk perawatan kulit memiliki ekstrak murbei. Murbei mengandung arbutin, senyawa yang membantu mencerahkan kulit. Arbutin adalah hydroquinone yang mencegah pelepasan melanin dan mengandung enzim tirosinase.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Perancis pada tahun 2010 menemukan bahwa hydroquinone bisa menjadi penyebab langsung dari karsinoma sel. Efek samping karsinogenik Hydroquinone ini telah diteliti pada hewan. Meskipun arbutin adalah bentuk ringan dari hydroquinone, masih dapat menyebabkan kanker kulit. Jadi, jika Anda menggunakan pencerah kulit produk yang mengandung ekstrak murbei, Anda mungkin menempatkan diri pada risiko kanker kulit.

Efek negatif buah mullbery terhadap proses kemoterapi

Para peneliti dari Universitas Nihon di Tokyo mengamati bahwa albanol A, zat ekstraksi dari kulit akar murbei, dapat memicu apoptosis sel dalam sel-sel leukemia. Meskipun ini jelas merupakan hal yang baik, namun ekstrak murbei harus dihindari oleh pasien yang menjalani kemoterapi, kecuali dokter khusus mengijinkannya.

Efek negatif buah mullbery terhadap penyerapan karbohidrat

Salah satu efek negatif buah mullberry telah dikenal dapat menghambat penyerapan karbohidrat. Mulberry dapat menghambat triasilgliserol dan penyerapan karbohidrat karena kemampuan mereka untuk mencegah α-amilase, α-glucosidase, lipase pankreas dan natrium-glukosa transporter.