Ini cara membuat jus kulit manggis yang aman dan direkomendasikan

Ini Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Aman dan Direkomendasikan – Buah manggis, yang secara ilmiah dikenal sebagai Garcinia mangostana, seringkali dipuji karena manfaatnya sebagai obat. Buah ini diyakini telah diangkut sepanjang jalan dari Indonesia ke Inggris dan Irlandia guna dijadikan sampel oleh besar Ratu Victoria.


Menurut penelitian ilmiah dan temuan oleh sejumlah ahli dunia, kulit manggis mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi, anti-bakteri, anti jamur dan anti-tumor. Sifat dan kandungan yang penting untuk pertumbuhan normal, perkembangan dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis
Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Ini Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Aman dan Direkomendasikan

Langkah 1: Beli buah manggis bisa dari pasar, secara online (saya sarankan manggis beku jika Anda membeli secara online tetapi perhatikan bahwa jika beku, buah dalam akan cukup banyak termakan) atau dari pohon jika Anda cukup beruntung dan memiliki pohon manggis yang tumbuh di halaman belakang Anda. Lebih baik untuk memilih buah-buahan yang memiliki kulit ungu dan bebas dari noda menguning, jika memungkinkan.

Langkah 2: Buah manggis dapat dipotong dengan menggunakan pisau. Jangan memotong kulit di semua bagian, hanya buat sayatan di kulit di satu jalah. Dengan cara ini Anda tidak akan merusak daging di dalam buah. Pastikan bahwa pisau tajam untuk menghindari membuat pemotongan yang tidak perlu, karena kulit memiliki zat warna ampuh yang dapat memerciki pakaian atau furniture dan membuat noda yang sangat sulit untuk menghapus.

Langkah 3: Setelah dipotong, pisahkan kulit dengan kedua tangan untuk mengekspos bagian dalam. Buah di dalamnya menyerupai seperti daging jeruk, bedanya manggris berwarna putih. Rasanya lebih manis dan sangat lezat, namun, untuk persiapan jus manggis yang kita butuhkan adalah kulitnya, bukan daging buanya.

Langkah 4: Ketingkan kulit manggis dengan menggunakan alat food dehydrator atau yang paling sederhana dengan sinar matahari.

Langkah 5: Rebus air panas dan ketika air mencapai titik didih, tambahkan kulit manggis kemudian biarkan hingga dingin

Langkah 6: Anda dapat menambahkan jus tambahan atau gula untuk memberikan rasa manis secukupnya, kemudian minum just manggis Anda.

Sebenarnya, cara ini lebih dapat dikatakan sebagai cara membuat seduhan teh kulit manggis. Namun boleh disebut pula sebagai minuman jus.