Ini lho video parodi pidato Jokowi pakai bahasa Inggris yang bikin heboh!

Ini lho video parodi pidato Jokowi pakai bahasa Inggris yang bikin heboh – Pidato Presiden Jokowi di KTT APEC beberapa waktu silam tidak hanya membuat heboh masyarakat Indonesia. Sebuah video parodi pun muncul dan kini sudah dapat disaksikan di layanan video streaming YouTube.


Kata siapa Bapak Presiden Jokowi nggak jago berbahasa Inggris? Buktinya beliau nyanyi tuh di hadapan para petinggi negara dan pemimpin perusahaan dunia.

Tulis Eka Gustiwana dalam deskripsi singkat video parodi pidato Presiden Jokowi berbahasa Inggris dalam pertemuan APEC di Beijing beberapa waktu silam. Tak lupa Eka juga menyertakan caption yang menegaskan bahwa video tersebut hanya lucu-lucuan, tidak bermaksud menyinggung pihak manapun. Ini dia videonya:

Pidato Presiden Jokowi memang mendapatkan perhatian yang sangat besar dari berbagai kalangan dan juga media. Banyak yang mengapresiasi kemampuan bahasa Inggris Jokowi, tapi tak sedikit pula yang mengolok-olok karena terlalu “medok” jawa.

Terlepas dari kontroversi yang ada, apa yang diucapkan oleh Presiden Jokowi masih dapat dimengerti. Dari sudut pandang penulis, sebagai Presiden baru, merupakan sebuah prestasi dapat tampil di depan pemimpin dunia dan memberikan pidato, tanpa naskah pula.

Sayangnya kebebasan berbicara di masa sekarang kerap memunculkan dilema dimana terlontar komentar-komentar yang mungkin tak sepenuhnya buruk, namun dengan pemilihan kata yang kurang tepat.

Video parodi yang sudah disaksikan oleh 144 ribu orang ini pun tak lepas dari kontroversi, seperti komentar dari Tantom Pasaribu yang menulis:

“Saya tidak suka kalau kalau Pidato Resmi Kepala Negara di Forum Internasional dipotong, diedit, diulang2, di remix, diobok2 disambung2 sehingga melahirkan irama dari intonasi kata yang berbeda2 oleh seorang Eka Gustiwana atau oleh siapapun untuk tujuan yang tidak memiliki kepentingan apapun karena menurut saya hanya mengurangi wibawa dan intensi dari Pidato Resmi tersebut. Semoga kedepan, setelah Eka Gustiwana ini, tidak seenaknya melakukan perbuatan serupa kepada Presiden Joko Widodo sebagai Lambang Kewibawaan Negara.”

Lain lagi dengan Anwar Fahmi yang menulis:

“keren mas….good job….buat lagi yang lebih keren…durasi buat yang lama ya…biar jadi ringtone… “

Eka memang dikenal dengan karya-karya video composing yang unik, ia juga pernah membuat “Mana Palunya Ceo Popong”, “Jeremy Teti Nyanyi! BBM Campuran”, serta “Demi Tuhan-Arya Wiguna” yang melambungkan namanya di YouTube.