Inilah alasan mengapa kita tidak ingat saat dilahirkan

Manusia memiliki anugerah yang tidak dimiliki oleh mahluk hidup lainya. Anugerah tersebut adalah manusia dapat berfikir dengan menggunakan otaknya. Otak manusia sebenarnya memiliki kapasitas memori yang jauh lebih tinggi dari komputer canggih manapun. Jika kita mau mengasahnya dengan cara belajar dan belajar otak kita akan semakin tajam (cerdas).

Massa abu abu (grand matter) pada otak merupakan penyimpanan yang paling banyak diandalkan. Otak manusia memiliki ribuan syaraf (neuron) yang berhungan satu sama lain. Hubungan antar neuron dapat menjadi penyimpanan yang besar. Namun mengapa manusia tidak ingat saat dilahirkan ?

Jangankan saat dilahirkan saat balita pun manusia tidak ingat akan kejadian kejadian yang dia alami. Coba anda ingat ingat saat anda berusia kurang dari lima tahun, apakah kalian akan ingat kejadian kejadian yang kalian alami selama empat tahun tersebut ? sekeras apapun kita mencoba mengigat peristiwa ketika kita awal awal dilahirkan ingatan kita akan tetap kembali pada masa diatas 5 tahun. Mengapa itu bisa terjadi ?

Ini terjadi karena zat jaringan yang bernama mielin. Mielin terdapat pada otak kita. mielin adalah selaput atau pelindung otak yang berfungsi menghantarkan sinyal sinyal ke otak kita. pada waktu kita berumur kurang dari 5 tahun mielin ini jumlahnya sangatlah sedikit di dalam otak kita. sehingga penyampaian informasi luar melalui saraf saraf otak kurang maksimal. Menurut pendapat para ahli “Mielin sangat penting untuk menjaga ingatan jangka panjang,” hal ini dikemukakan oleh pakar dan ahli psikologi yang berasal dari University of British Columbia yaitu Jonathan schooter, PhD.

Inilah alasan mengapa kita tidak ingat saat dilahirkanMielin adalah lapisan phospolipid yang banyak mengelilingi akson pada banyak bagian neuron. Sel schwan mensuplai mielin ini untuk neuron periferal. Dimana oligodendosit akan mensuplai ke pusat otak. Mielin ini merupakan karakteristik dari mahluk vertebrata ( gnatostome ). Tetapi terdapat juga diantara mahluk hidup invertebrata. Mielin ini ditemukan oleh Louis-Antoine Ranvier pada tahun 1878.

Selain alasan kita tidak dapat mengingat saat karena jumlah mielin sangat sedikit. Pendapat lain mengatakan bahwa kita tidak mampu mengigat masa dimana kita dilahirkan atau ketika kita kanak kanak karena kita belum mampu memahami bahasa yang digunakan saat itu. Seorang yang sudah mempunyai kemampuan berbahasa yang baik akan lebih mudah mengngat dan memahami kejadian di lingkunganya.

Seperti saat kita bayi kita belum dapat berbicara dengan lancar. Hal ini karena kita pada saat bayi belum mampu memahami pembicaraan orang lain. Para ahli mengatakan “Dengan makin berkembangnya kemampuan berbahasa seorang anak,tentu juga akan mempengaruhi bagaimana dengan cara ia berpikir yang juga akan berubah sehingga diduga lebih sulit untuk mengingat ingatan masa sebelumnya,” katanya.

Itulah yang menjadi alasan mengapa kita tidak ingat saat dilahirkanselama ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia. Salam J