Jenis penyakit yang biasa menyerang ayam kampung dan cara pencegahannya

Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Ayam Kampung dan Cara Pencegahannya – Penyakit sudah jadi hal biasa bagi makhluk hidup tak terkecuali hewan peliharaan seperti ayam kampung yang konon katanya punya data tahan lebih baik. Bagi Anda yang sedang membudidayakan ayam kampung, berikut ini beberapa penyakit yang biasa menyerang.


Tapi jangan khawatir, GriyaGawe juga akan berikan cara pencegahan penyakit tersebut.

penyakit ayam kampungTetelo (ND)

Tetelo (ND) termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang ayam kampung, paling sering ditemukan dan satu dari sedikit yang paling mematikan.

Penyebab : paramyxivirus
Gejala penyakit Tetelo: badan gemetaran, ngorok, batuk-batuk, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki atau sayap, kotoran bila diperhatikan berwarna putih kehijauan.
Pencegahan Tetelo: vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada

Gumboro (gumboro disease)

Penyebab : virus
Gejala Gumboro : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar tapi disertai dengan gejala lain berupa bulunya yang tiba tiba berdiri, sangat lesu, malas untuk bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur dan menjaga sanitasi kandang
Pengobatan : belum ada

Penyakit cacing ayam (worm disease)

Penyebab : Cacing
Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Pencegahan : Berikan obat cacing secara berkala, kemudian usahakan untuk melakukan sanitasi kandang yang teratur dan baik, penggantian litter kandang secara teratur, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : Terdapat beberapa jenis obat cacing yang dapat digunakan seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazi dan piperazin.

Berak kapur (Pullorum)

Penyebab : Bakteri Salmonella pullorum
Gejala : Ayam anakan biasanyakanan kumpul di bawah pemanas, kepala lesu ditandai dengan menunduk rendah, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus.
Pencegahan : Lakukan fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan juga kandang
Pengobatan : Obat yang dapat digunakan antara lain noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn  atau obat lain sesuai rekomendasi ahli.

Berak darah (Coccidiosis)

Penyebab : protozoa Eimeria sp.
Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada makanan sesuai takaran
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya

Itu dia beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang ayam, semoga bisa jadi referensi yang bermanfaat.