Tips promosi toko online

Sebelum membaca artikel tips promosi toko online ini, sebaiknya Anda membaca dahulu tips memulai toko online yang pernah saya tulis, karena artikel ini merupakan kelanjutannya. Toko online, kali ini saya akan kembali membahas tentang toko online.

tips-promosi-toko-onlineSaya sedang sangat senang untuk membahas bisnis secara online lewat toko online ini, kenapa? karena menurut saya berbisnis melalui online bisa dilakukan dengan modal kecil bahkan nyaris tanpa modal. Toko online pada dasarnya sama saja dengan toko offline, perbedaanya toko online tidak memiliki tempat berupa fisik sebagaimana toko offline. Pemilik toko online juga dituntut untuk dapat melaukukan promosi agar tokonya ramai dikunjungi pembeli.

Dalam membuat toko online saya selalu menghimbau untuk menyingkirkan dulu anggapan kalau berjualan toko online itu lebih mudah dengan jualan toko offline. Ketika pertama kali membuat toko online kesulitan yang pertama muncul pastilah tentang bagaimana cara untuk mendatangkan pengunjung ke web toko online yang kita miliki, terlebih jika Anda adalah seorang pendatang baru dalam dunia web, logikanya ketika semakin banyak pengunjung ke toko online kita semakin besar pula kemungkinan kita mendapatkan laba.

Inilah beberapa tips dalam mempromosikan

1. Dapatkan pengunjung dari search engine (google, yahoo!, bing, dll)

Search engine adalah media yang paling tepat untuk mendatangkan pengunjung yang relevan dengan produk yang kita tawarkan. Misalnya ketika Anda ingin membeli sepatu secara online yang pertama kali Anda lakukan pastinya mencarinya di google, benarkan? itu pula yang dilakukan kebanyakan orang. Jadi sangat penting bagi pemilik toko online agar toko online nya berada di google, yahoo, bing dan search engine lainnya. Impian setiap pemilik toko online ketika toko yang ia kelola dapat muncul di halaman pertama terlebih muncul diposisi pertama hasil pencarian google, lalu bagaimana cara agar toko kita ada di google? untuk itu Anda harus mempelajari SEO (search engine optimization) Anda bisa mempelajarinya di blog ini dan pilih menu SEO.

2. Promosi melalui media sosial

Cara kedua adalah dengan mempromosikan situs toko online kita di sosial media. Sekarang telah banyak sekali situs sosial media seperti facebook, path, twitter, instagram, dll. Anda bisa memberi tahu semua teman Anda di media sosial bahwa Anda telah membuat dan memiliki toko online, dan meminta mereka untuk melihat-lihat toko online anda. Karenanya buat lah kata-kata yang baik di toko online Anda agar menarik perhatian pengunjung hingga tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan.

3. Beriklan

Memasang iklan adalah cara paling mudah dalam mendatangkan pengunjung untuk toko online, terlebih jika Anda menggunakan jasa pemasangan iklan seperti google adwords dan facebook ads. Baca artikel saya Google adwords vs Facebook ads. Menggunakan jasa google adword atau facebook ads adalah berbayar, jadi kita mengirimkan uang ke google atau ke facebook dan mereka akan menampilkan dan mengelola iklan Anda untuk muncul di google atau di facebook, memasang iklan di kedua situs ini cukup efektif untuk mendatangkan pengunjung ke toko online karena memang keduanya merupakan perusahaan besar dan profesional, selain itu biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan budget kita, untuk memasang iklan di adwords atau fb ads, kita harus memiliki credit card sebagai media pembayaran. Tapi jika Anda tidak bisa memasang iklan di adwords atau di fb, kita juga bisa bisa menggunakan situs pemasangan iklan gratis, ada banyak sekali situs pemasangan iklan gratis, Anda bisa mencarinya sendiri, karena tidak mungkin saya sebutkan satu-persatu. Beriklan pun tak harus melulu melalui media online, kita bisa menggunakan saran offline seperti beriklan di koran, tv, radio, billboard, dll.

4. Promosi offline

Untuk promosi kita tidak harus terus fokus untuk promosi di media online, kita bisa menggunakan sarana offline seperti ketika promosi toko offline, misalnya dengan membuat brosur, stiker, famplet, dsb. Kia bisa membuat brosur untuk menceritakan seperti apa toko online kita dan apa saja yang dijual disana, kemudian menyebarkan brosur tersebut ke orang-orang. buat promosi offline yang menarik perhatian.

5. Melalui messenger

Sekarang sedang marak aplikasi messenger seperti halnya BBm, wechat, whatsapp, dll. Kita bisa menggunakan media-media tersebut untuk mempromosikan toko online kita. Beritahu semua teman Anda tentang toko online yang dimiliki. Selain itu kita bisa menggunakan email atau sms untuk mempromosikan toko online Anda memllui media pesan/messenger.

Itulah tips promosi untuk toko online, sebenarnya masih banyak cara untuk mempromosikan web yang kita miliki namun hanya dengan satu cara saja asalkan Anda fokus pasti hasilnya akan memuaskan. Selamat mencoba, semoga sukses dengan toko online nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *