Tips sukses wawancara untuk lulusan baru

Tips sukses wawancara untuk lulusan baru – Jadi Anda sudah mengirim lamaran dan sekarang saatnya untuk wawancara! Bagaimana perasaan Anda? Tidak begitu baik? Tak mengapa, santai dulu, kami di sini untuk membantu. Berikut ini adalah beberapa saran untuk membantu menenangkan saraf Anda dan membuat Anda siap untuk wawancara.


Siapkan Diri Anda

Jangan hanya muncul untuk wawancara. Semakin banyak informasi yang telah dipersiapkan sebelumnya, maka Anda akan memberi kesan yang lebih baik pada pewawancara. Luangkan waktu untuk menyiapkan kertas kerja (jika Anda membutuhkannya) dan referensi, sebelum Anda mulai mencari pekerjaan. Bawa beberapa dokumen saat wawancara:

  • Lamaran kerja selesai (jika belum diminta)
  • kertas kerja
  • Referensi
  • Resume (jika Anda memilikinya)
  • Buku catatan / pena

Bersikap Sopan

Tips sukses wawancara berikutnya adalah bersikap sopan yang pastinya penting untuk memiliki sikap ini saat wawancara. Menjabat tangan pewawancara Anda. Jangan duduk sampai diminta. Jangan membungkuk di kursi Anda. Jangan gunakan bahasa gaul atau bersumpah. Bersikaplah sopan, positif, dan profesional di seluruh wawancara akan membuat peluang diterima semakin besar.

Tahu Jadwal Anda

Pastikan Anda tahun jadwal kesibikan seandainya pewawancara bertanya. Fleksibilitas adalah aset, karena lebih banyak waktu Anda, semakin mudah bagi pewawancara untuk mengatur jadwal kerja.

Tepat Waktu

Tips sukses wawancara berikutnya adalah tiba di lokasi wawancara beberapa menit lebih awal. Jika Anda tidak yakin ke mana harus pergi, segera cari tahu alamat kantor dan pergilah lebih awal. Jika Anda tidak memiliki surat izin mengemudi, pastikan Anda memiliki tumpangan.

Pergi seorang diri

Tips sukses wawancara yang paling penting: pergilah sendiri, jangan minta diantar oleh siapapun, entah teman, pacar atau orang tua sekalipun. Degan begitu semakin sedikiti hal-hal di luar wawancara yang harus Anda pikirkan.

Itu dia beberapa tips sukses wawancara yang harapannya dapat bermanfaat bagi Anda. Semoga berhasil, dan selamat bekerja!