10 Tempat wisata Solo yang wajib dikunjungi

Wisata solo  – Solo merupakan salah satu kota budaya di Indonesia karena eksistensi dari Kraton Kasunanan Surakarta. Terletak di tempat yang strategis, kota yang dekat dengan Yogyakarta ini juga ramai dikunjungi wisatawan karena berbagai obyek wisatanya yang beraneka ragam. 10 tempat wisata ini mungkin menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi jika anda berkunjung ke Solo.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu.
Berada di lereng Gunung Lawu sebelah barat, tempat ini merupakan salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Jawa Tengah khususnya Solo. Untuk menemukan tempat ini tidaklah sulit, hanya sekitar 37 km ke arah timur kota Solo menuju Kabupaten Karanganyar. Menurut legenda pewayangan, Grojogan Sewu merupakan tempat dimana Prabu Baladewa atau kakak dari Prabu Kresna bersemedi ketika Baratayudha terjadi. Tiket masuk sekitar Rp 18.000/orang.

2. Pandawa Water World Solo Baru.
Wisata solo yang satu ini merupakan wahana keluarga baru di Solo yang cukup terkenal. Fasilitas yang lengkap menjadikan wahana air ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tiket masuk Rp 50.000 untuk hari Senin – Jumat, dan Rp 100.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

3. Taman Balekambang
Taman yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini mempunyai luas sekitar 10 hektar dan dibagi menjdi dua bagian yaitu Taman Air Partini yang menyediakan permainan perahu dan bagian lainnya yaitu Hutan Partinah yang diisi dengan berbagai jenis pohon langka.

Kraton Solo
Kraton Solo

4. Kraton Surakarta
Tentu saja jika berkunjung ke Solo kurang lengkap jika belum mengunjungi Kraton Surakarta. Saudara tua Kraton Yogyakarta ini mempunyai arsitektur yang berbeda dengan Kraton Yogyakarta dimana Kraton Surakarta lebih menonjol dengan arsitektur Eropa. Tiket masuk ke kraton sekitar Rp 10.000. Tempat ini menjadi wisata solo yang haram jika tidak dikunjungi.

5. Tugu Lilin
Merupakan monumen peringatan berdirinya organisasi pemuda pertama di Indonesia yaitu Boedi Oetomo. Mempunyai bentuk yang cukup unik karena sekilas menyerupai lilin, Tugu Lilin terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto-foto ria.

6. Air Terjun Jumog
Alternatif wisata alam di Solo selain Grojogan Sewu di Tawangmangu yang tidak kalah dengan Grojogan Sewu. Cukup membayar Rp 5000, wisatawan sudah bisa menikmati obyek wisata alam yang terletak sekitar 40 km dari pusat kota Solo ini.

7. Taman Sriwedari
Taman Sriwedari merupakan taman yang pada jaman dahulu digunakan oleh keluarga Kraton sebagai tempat rekreasi. Taman yang berlokasi di Kecamatan Lawiyan ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi karena terdapat juga Gedung Wayang Orang Sriwedari yang sering menampilkan kesenian wayang dengan mengambil cerita Mahabarata dan Ramayana.

8. Kampoeng Batik Kauman
Batik Solo mempunyai perbedaan dengan Batik Yogyakarta ataupun batik dari kota-kota lain. Letaknya yang berdekatan dengan Kraton Surakarta menjadikan tempat ini cukup strategis untuk dikunjungi.

9. Pasar Klewer
Mirip dengan peran Pasar Beringharjo di Yogyakarta dan merupakan pasar tekstil terbesar di Solo. Berbagai jenis batik dengan harga yang cukup miring menjadikan tempat ini tujuan utama wisatawan yang ingin berbelanja murah namun tetap berkualitas.

10. Museum Manusia Purba Sangiran
Merupakan museum manusia purba terlengkap di Asia dengan koleksi lebih dari 13.000 dengan umur antara 200.000 tahun hingga 2 juta tahun. Selain manusia purba, koleksi museum ini juga menyimpan fosil tumbuhan, hewan, dan alat-alat perlengkapan purba.

Itulah beberapa wisata solo yang wajib dikunjungi, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata solo yang menarik untuk dikunjungi. Namun karena lketerbatasan, akan kita ulas lebih lanjut di lain waktu.