4 Desa wisata Jogja yang wajib untuk dikunjungi

Desa wisata jogja – Desa wisata kini menjadi salah satu alternatif wisata yang cukup digemari. Wisata minat khusus ini memang lain dari pada yang lain. Desa wisata menyajikan pengalaman menarik yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya melalui wisata wisata reguler lainnya. Objek wisata alternatif ini kebanyakan memang diminati oleh para pelancong dari perkotaan atau mancanegara yang ingin mempelajari kebudayaan, kebiasaan, dan kearifan lokal yang ada di desa.

Sebagai sala satu daerah yang memiliki nilai budaya yang masih kental, Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata desa. Tercatat saat ini DIY memiliki lebih dari 90 Desa wisata yang tersebar di ke empat kabupaten, yaitu Sleman, Bantul, Gunung Kidul, dan Kulonprogo. Karena banyaknya desa wisata jogja, maka kami berikan daftar yang wajib Anda kunjungi di artikel berikut ini.

Meski paling banyak terdapat di Kabupaten Sleman, namun kali ini Topwisata akan mereview empat Desa Wisata Jogja yang memiliki keunikan tersendiri. Meski tergolong baru muncul, namun keempat Desa Wisata yang semuanya terletak di Kabupaten Bantul ini sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki keunikan yang lain dari pada lainnya, mana saja keeempat tempat tersebut? berikut daftarnya
Daftar Desa Wisata jogja Yang Wajib Dikunjungi :

Desa Wisata Krebet

Batik Kayu Krebet
Batik Kayu Krebet

Desa yang satu ini meungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, Krebet memang sudah sangat terkenal dalam dunia wisata terutama kerajinannya yang berupa batik kayu. Di Desa ini para wisatawan dapat melakukan kegiatan kegiatan seperti belajar membatik kayu, belajar membuat souvenir dari kayu, serta menyaksikan atraksi atraksi kesenian dan budaya. Desa ini juga memiiki beberapa homestay yang dapat Anda gunakan untuk menginap bersama dengan warga dan merasakan kearifan lokal setempat. Saat pagi hari wisatawan juga bisa menyusuri alam yang masih segar dan berfoto foto di jurang Pulosari. Harga paket wisata di Krebet ini cukup terjangkau, terutama bagi Anak-anak sekolah.

Kampung Wisata Santan

Bergeser ke selatan, ada sebuah kampung yang kini mulai terkenal bernama Kampung Santan. Sesuai dengan Namanya, kampung ini memiliki sentra kerajinan dari tempurung kelapa. Benda yang dianggap sebagai limbah tersebut ternyata disulap menjadi beragam souvenir dan asesoris. Di kampung ini wisatwan bisa belajar untuk membuat souvenir, membajak sawah, atau bahkan bersepeda ria seperti jaman dulu. Ada banyak atraksi budaya yang disajikan di kampung wisata santan seperti Gejok Lesung, jathilan dll. Nah kalau Anda berkunjung di sini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Ingkung Ayam Kampung yang sudah sangat terkenal seantero Jogja. Jangan lupa juga untuk memesan Wader Goreng sebagai camilannya.

Desa Wisata Kalakijo

Desa Wisata Kalakijo
Desa Wisata Kalakijo

Di sebelah kampung santan terdapat juga desa wisata yang bernama kalakijo. Desa Wisata Kalakijo ini menyajikan beragam kerajinan seperti batik tuis, pembuatan emping mlinjo, dan kerajinan kawat. Hampir sama dengan Santan, masakan khas yang ada di sini adalah Ingkung Ayam Jawa. Namun lebih unik lagi dan sangat tradisional, Desa wisata Kalakijo masih menyajikan ingkung dengan kuali seperti jaman dulu.

Desa Wisata Mangir

Petilasan Mangir
Petilasan Mangir

Desa wisata Joga terakhir yang kami rekomendasikan adalah Desa Wisata Mangir. Desa ini terletak di bagian paling barat Kabupaten Bantul dan sudah berbatasan dengan Kulon Progo. Desa ini syarat akan sejarah karena menjadi cikal bakal Kabupaten Bantul. Berbeda dengan desa wisata lainnya, Mangir menyajikan perjalanan sejarah dan budaya yang sangat kental. Tak hanya kearifan loka, di sini kita bisa melihat benda benda purbakala seperti arca lembu, patung lingga yoni, pure, dan batu batu purba lain yang diyakini berasal dari peradaban Hindu Buda jaman Majapahit.

Di desa Mangir juga terdapat pohon terbesar se yogyakarta yang unik karena terdapat situs Batu Gilang. Di desa mangir wisatawan juga dapat menikmati aktivitas masyarakat desa seperti membuat nira kelapa, bertani, dan yang paling seru adalah menyabrang Sungai progo dengan Getek. Desa ini juga memiliki kebun durian yang menjadi sentra di Kabupaten Bantul. Jika masih merasa kurang, ada wisata adrenali Flying Fox yang memotong aliran sungai Bedog.

Itulah empat desa wisata jogja yang wajib ANda kunungi untuk mengisi liburan tahun ini.