55 Cewek ngikut pelatihan safety riding, apa perlunya?

Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bekerja sama dengan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar acara pelatihan safety riding pada Sabtu (27/12/2014) ini di Pulomas, Jakarta Timur. Emang apa perlunya? Eh ya jelas perlu. Buktinya ada 55 cewek, eh perempuan, dari komunitas atau klub sepeda motor serta wartawan mengikuti acara ini.

Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDCC), menuturkan, lewat kegiatan bertajuk “Forwot Safety Riding Campaign Coaching Clinic 2014” ini para perempuan mendapatkan referensi “what, how, dan why” dalam mengendarai sepeda motor dan saat mereka berinteraksi di jalan raya.

Safety riding coaching clinic untuk perempuan digelar oleh Forwot (Forwot - okezone.com)
Safety riding coaching clinic untuk perempuan digelar oleh Forwot (Forwot – okezone.com)

“Sehingga kesempatan ini akan menjadi modal dalam memengaruhi anggota-anggota keluarga mereka atau pun masyarakat lain mengenai kedisiplinan dan keselamatan berkendara di jalan raya secara lebih efektif,” jelas Jusri, sebagaimana tertulis dalam keterangan resmi Forwot yang dilansir okezone.com.

Peserta mendapat pembekalan teori dan praktik. Materi yang disajikan meliputi dua sesi. Pertama sesi teori mengapa perempuan lebih mudah mengalami kecelakaan lalu lintas, fakta dan kenapa kecelakaan terjadi di jalan raya, peran perempuan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, dan pengetahuan umum sepeda motor saat sedang dikendarai.

Sedangkan pada sesi praktik, mereka mendapatkan pengetahuan meliputi setting posture, pengereman, menikung dan berkelok di jalan sempit, menanjak dan menurun, lintasan rusak, kontrol, serta keseimbangan.

Sementara itu, Ketua Panitia Forwot Safety Riding Campaign Coaching Clinic 2014, Vini Rizki Amelia, menjelaskan, safety riding ini digelar masih terkait dengan Hari Ibu. “Kami ingin kembali memaksimalkan peran wanita sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Harapannya, setelah mendapatkan pembekalan ini, mereka tidak saja lebih aware bagaimana berkendara yang baik tapi bisa menularkan pengetahuan ini ke keluarga mereka masing-masing,” ungkapnya.

Forwot Safety Riding kali ini merupakan yang ketigakalinya digelar sejak 2012. Dua pelatihan sebelumnya diselenggarakan di Tangerang Selatan dan Bandung. Semuanya melibatkan anggota komunitas atau klub sepeda motor serta jurnalis.