8 Tempat wisata yang tepat untuk liburan akhir tahun

Banyak orang yang menantikan libur akhir tahun untuk liburan menyambut pergantian tahun. Berbagai paket wisata, tiket pesawat, kereta, hingga hotel dan penginapan pun kebanjiran pelanggan.

Berbagai destinasi wisata di berbagai kota di Indonesia pun menjanjikan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah 8 tempat wisata di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi liburan akhir tahun:


Pulau Bali

Bali (www.catrengnirwana.com)
Bali (www.catrengnirwana.com)

Pulau yang akrab dikenal dengan Pulau Dewata ini menyuguhkan panorama begitu menakjubkan. Biasanya, wisatawan yang pernah berkunjung ke Bali tak pernah kapok untuk datang dan datang lagi menikmati aneka objek wisatanya. Dari wisata pantai, sejarah, budaya, hingga religi dapat Anda kunjungi saat liburan akhir tahun nanti. Sederet objek wisata tersebut adalah Danau Bedugul yang memiliki dua pura di tengah-tengahnya, Tanah Lot, Tanjung Benoa, Pantai Kuta, Uluwatu, Ubud, dan sebagainya.

Bromo

Bromo (visitprobolinggo.com)
Bromo (visitprobolinggo.com)

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur saat ini telah menjadi salah satu tujuan liburan wisata utama di Indonesia. Berbagai wisatawan baik lokal maupun asing misalnya dari berbagai benua di dunia Eropa, Amerika, Asia, Timur Tengah dan Australia banyak yang telah mengenal Gunung Bromo. Tidak harus pada musim liburan saja mereka mengunjungi wisata Bromo. Di periode low season pun Gunung Bromo tetap menjadi perhatian wisatawan untuk melihat pesona gunung bromo yang memang sangat menawan dan berkesan dari melihat matahari terbit, kepulan asap putih, lauta pasir, padang rumput, pasir berbisik dan pura luhur Poten.

Pada saat musim-musim tertentu Gunung Bromo akan semakin banyak di datangi wisatawan, mereka mengambil paket wisata bromo misalnya pada saat liburan lebaran/hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, hari raya natal sampai liburan akhir tahun.  Yang paling banyak mendatangkan jumlah pengunjung tertinggi adalah saat moment liburan natal dan akhir tahun.  Sesungguhnya hampir setiap tempat wisata pada saat liburan tahun baru di padati oleh pengunjung, namun moment pesta kembang api dan tiupan terompet saat pergantian tahun 2014 ke tahun 2015 pasti akan terasa berbeda jika di rayakan di kawasan wisata Jawa Timur khususnya wisata Bromo

Solo

Solo (SoloRaya.Com)
Solo (SoloRaya.Com)

Banyaknya event dan pertunjukan seni yang dihadirkan di kota Solo menjadikan kota ini salah satu destinasi wisata akhir tahun yang sayang ubtuk dilewatkan. Tempat wisata seperti Keraton Kasunanan, Sekaten, Kampung batik dan lain-lain menjadi nilai tambah untuk wisatawan menghabiskan waktu liburan akhir tahun di kota bengawan ini.

Yogyakarta

Jogja (www.gopixpic.com)
Jogja (www.gopixpic.com)

Kota yang satu ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Di kota gudeg ini, aneka destinasi wisata pun bisa Anda nikmati, mulai dari wisata belanja, wisata budaya, wisata alam, wisata kerajinan, hingga wisata sejarah. Kaliurang, Pantai Paragtritis, Pantai Kukub, Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Malioboro, pusat kerajinan Kasongan, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg, Museum Jogja Kembali, Taman Pintar, dan Goa Pindul bisa menjadi destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Anda pun bisa memesan paket wisata yang sudah memilihkan berbagai objek wisata yang tidak akan mengecewakan Anda.

Bandung

Bandung (www.fiksimetropop.com)
Bandung (www.fiksimetropop.com)

Kota tujuan wisata yang terletak di Propinsi Jawa Barat ini juga patut Anda perhitungkan dalam liburan akhir tahun nanti. Kota yang akrab dikenal sebagai kota kembang ini juga memiliki aneka objek wisata alam yang menarik. Tangkuban Perahu, Situ Patenggang, Lembang, Ciwidey, Ciater merupakan objek wisata alam yang menyajikan panorama eksotis yang layak dikunjungi. Ada pula Trans Studio yang menawarkan aneka wahana permainan indoor yang pasti digemari anak-anak. Selain itu, saat jalan-jalan di kota Bandung, Anda pun akan dimanjakan dengan banyaknya factory outlet yang menyajikan aneka produk fashion menarik. Deretan factory outlet dengan mudah bisa ditemukan di Jalan Riau. Kulinernya pun sangat beragam dan tentunya sayang untuk dilewatkan saat liburan nanti.

Jakarta

Jakarta (www.luxuryestate.com)
Jakarta (www.luxuryestate.com)

Jakarta juga menjadi kota tujuan wisata di akhir tahun karena banyak potensi objek wisata yang bisa dikunjungi, seperti Monumen Nasional (Monas), Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Tekstil, Dufan, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah dan sederet wisata belanja. Jika Anda tinggal di luar Jakarta dan belum pernah leiburan ke Jakarta, mengajak anak-anak ke Taman Mini Indonesia Indah pasti menjadi liburan edukatif sekaligus sangat menyenangkan bagi mereka.

Lombok

Lombok (www.architecturendesign.net)
Lombok (www.architecturendesign.net)

Pulau Lombok menyimpan panorama wisata yang memanjakan mata para wisatawan. Pantainya menyimpan segudang keindahan yang tak cukup untuk dilukiskan dengan kata-kata. Pantai-pantai tersebut adalah Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi, Pantai Surga, dan Pantai Cemara. Selain itu, ada lagi wisata yang menarik dan sayang dilewatkan yakni, 3 Gili (Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan), dan danaunya yang tak kalah indah, yakni Danau Segara Anak.

Medan

Danau Toba Medan (indonesiawow.com)
Danau Toba Medan (indonesiawow.com)

Jika mendengar nama Kota Medan, pasti terbayang luasnya Danau Toba. Danau Toba adalah tempat wisata akhir tahun 2014 yang berada di Kota Medan, Sumatra Utara. Namun, tidak hanya keindahan Danau Toba yang bisa Anda nikmati, ada beberapa destinasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi selama berada di Kota ini. Seperti tempat wisata berikut ini : Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, Air Terjun Sipiso-piso Tongging, Danau Linting, Danau Lau Kawar, Salju Panas Tinggi Raja, Istana Maimun dan Masjid Raya Medan atau Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 sebagai ikon kebanggan Kota Medan. (travel-guide)