Aleo dan Anisa, Duta Wisata Indonesia 2014

Pasangan asal Bangka Belitung, Aleo Saputra dan Anisa Rohmah, terpilih sebagai Duta Wisata Indonesia 2014 pada malam final yang digelar di Anjungan Seni Indrus Tintin, Rabu (11/12/2014). Mereka menyisihkan wakil Jawa Tengah dan Kalimantan Timur di babak tiga besar.

Aleo Saputra tak menyangka bisa terpilih sebagai juara. “Nggak nyangka. Padahal kami merasa pengetahuan kami sedikit. Berbeda dengan peserta lainnya yang berwawasan luas,” kata dia dengan raut wajah gembira.


Pasangan finalis asal provinsi Bangka Belitung Aleo Saputra (kiri) dan Anisa Rohmah (kanan)terpilih menjadi Duta Wisata Indonesia 2014 pada malam Grand Final Duta Wisata Indonesia 2014 di Pekanbaru, Riau, Kamis (11/12). Aleo dan Anisa berhasil mengalahkan 17 pasangan finalis lainya usai menjalani serangkaian kegiatan kepariwisataan.  ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Koz/nz/14.
Pasangan finalis asal provinsi Bangka Belitung Aleo Saputra (kiri) dan Anisa Rohmah (kanan)terpilih menjadi Duta Wisata Indonesia 2014 pada malam Grand Final Duta Wisata Indonesia 2014 di Pekanbaru, Riau, Kamis (11/12). Aleo dan Anisa berhasil mengalahkan 17 pasangan finalis lainya usai menjalani serangkaian kegiatan kepariwisataan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Koz/nz/14.

Meski demikian, Aleo menilai kemenangan yang ia raih bersama pasangannya merupakan buah dari ketekunan untuk terus belajar. Sebagai Duta Wisata Indonesia 2014, Aleo mengaku siap menyokong program pemerintah di bidang pariwisata. Dia juga siap jika nantinya diminta mempromosikan wisata Indonesia ke luar negeri.

Untuk memajukan pariwisata, Aleo mengusulkan pemerintah maupun swasta gencar melakukan promosi tur. Mulai dari skala kecil dengan menyasar anak sekolah sampai skala besar menyasar wisatawan mancanegara. Sementara wakil Riau harus puas sebagai juara harapan III. Bujang dan Dara Riau tersebut gagal melaju ke posisi tiga besar.

Meski begitu, Frandinata, duta pria asal Riau, tetap bersyukur. Menurutnya, apa yang mereka raih sudah sangat maksimal mengingat peserta lainnya juga mempunyai kemampuan luar biasa. “Saya menilai peserta lain sangat bagus. Wawasan dan penampilan mereka sangat baik. Kami memohon maaf kepada warga Riau karena hanya bisa meraih juara harapan III,” ujarnya seperti dikutip dari Tribun Pekanbaru.

Pasangan finalis Duta Wisata Indonesia 2014 asal provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan tentang arti dari kostum yang dikenakan pada malam Grand Final Duta Wisata Indonesia 2014 di Pekanbaru, Riau, Kamis (11/12). Sebanyak 18 pasangan finalis dari 18 provinsi di Indonesia ikut berlaga dalam ajang pemilihan ini.  ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Koz/nz/14.
Pasangan finalis Duta Wisata Indonesia 2014 asal provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan tentang arti dari kostum yang dikenakan pada malam Grand Final Duta Wisata Indonesia 2014 di Pekanbaru, Riau, Kamis (11/12). Sebanyak 18 pasangan finalis dari 18 provinsi di Indonesia ikut berlaga dalam ajang pemilihan ini. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Koz/nz/14.

Tadi malam sejumlah pasangan juga dipilih menjadi duta kategori khusus. Yaitu Duta Wisata Perdamaian yang jatuh kepada pasangan asal Bali, Duta Wisata Budaya Nusantara diterima pasangan asal Sulawesi Selatan serta Duta Lingkungan Hidup untuk pasangan dari Kalimantan Barat. Lalu ditetapkan juga pasangan asal Papua sebagai Duta Indonesia Eco Tourism.

Selanjutnya, Duta Inteligensia diraih pasangan asal Gorontalo, Duta Persahabatan diraih pasangan asal Nusa Tenggara Timur, Duta Juri Prize untuk pasangan dari Sumatera Utara. Duta Favorit Putra diraih peserta asal Jawa Timur dan Duta Favorit Putri diterima peserta asal Kalimantan Timur.