Anda pecinta kopi? Ternyata kopi punya dampak buruk bagi kesehatan

Kita tentu tidak asing dengan minuman ini. Bagi pekerja yang dituntut untuk bangun pagi atau harus lembur, kopi adalah minuman yang paling diandalkan untuk menangkal kantuk. Selain itu, cita rasanya yang khas dan aroma yang harum, membuat kopi memiliki banyak peminat. Tapi tahukah Anda bahwa kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan?

Kopi
Ternyata kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan

Hampir semua orang menyukai kopi. Selain rasanya yang khas, aromanya juga dapat menyegarkan mata di pagi hari. Apalagi sekarang ini, kopi dapat dinikmati dengan berbagai macam rasa dan bentuk. Tidak hanya kopi hitam yang diseduh air panas dan diberi gula saja, kini ada berbagai macam jenis kopi seperti kopi putih dan kopi dengan kombinasi rasa. Penyajiannya pun kini bisa menggunakan es.

Menurut Food and Drug Administration, konsumsi 400 mg kafein atau 3-4 cangkir per hari adalah takaran yang aman untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak sebanyak 100mg  atau satu cangkir kopi sehari.

Banyak sekali gerai kopi modern yang menyajikan kopi dengan sangat apik dan menarik, serta enak rasanya. Biasanya, kopi dikombinasikan dengan susu, karamel, coklat, dan masih banyak lagi. Namun berhati-hatilah Anda para pecinta dan penikmat kopi. Minuman ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan tidak main-main, lho!

  1. Sakit kepala

    Minum kopi terlalu banyak bisa berpengaruh pada  fungsi otak dan menyebabkan sakit kepala biasa. Hal ini disebabkan karena di dalam kopi terkandung stimulan dan diuretik yang menyebabkan otak bekerja keras dan menyebabkan sakit kepala.

  2. Sulit tidur

    Ini sebenarnya adalah salah satu efek yang baik, apalagi untuk Anda yang dituntut untuk lembur. Namun efek ini semakin lama dapat memburuk. Pecinta kopi di seluruh dunia memanfaatkan kopi agar bisa tetap terjaga. Mengonsumsi terlalu banyak kopi akan mengacaukan siklus tidur Anda, yang akhirnya tidak mendapatkan cukup tidur di malam hari, hanya karena Anda minum kopi.

  3. Jantung berdebar-debar

    Efek kafein pada kesehatan jantung berlaku sebagai stimulan yang dapat meningkatkan sistem saraf Anda. Dengan demikian, kafein membuat jantung lebih cepat berdetak. Dan ini bisa berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Jadi sebaiknya Anda mengonsumsi 1 cangkir kopi saja dalam sehari.

  4. Dehidrasi

    Seperti disebutkan sebelumnya, kopi dapat berperan sebagai diuretik. Anda akan lebih sering buang air kecil ketika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Buang air kecil secara terus-menerus dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu keseimbangan tubuh karena mengurangi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  5. Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa

    Kopi tidak membantu kita dalam berkonsentrasi. Sebaliknya, kopi dapat merusak proses berpikir Anda, bahkan membuat Anda tergagap. Hal ini karena efek kafein yang merangsang kerja otak terlalu banyak.

  6. Meningkatkan kecemasan & Gelisah

    Kopi dikenal untuk mencegah orang tertidur. Tetapi berapa banyak kah yang harus diminum? Minum kopi berlebihan dapat menimbulkan peningkatan kecepatan denyut jantung dan peningkatan adrenalin, yang membuat orang merasa cemas. Salah satu efek kesehatan terburuk kopi adalah membuat orang cemas dan bereaksi berlebihan dalam keadaan normal.

  7. Sensitif

    Apakah Anda merasa terlalu sensitif setelah meminum beberapa gelas kopi? Kafein memang dapat merangsang otak dan membuat persepsi seseorang akan meningkat. Hal ini membuat orang jengkel hanya karena hal yang sepele.

  8. Benjolan Payudara

    Meskipun benjolan payudara adalah hal umum di antara wanita pada usia reproduksi, ada bukti-bukti yang membuktikan bahwa kopi berperan dalam perkembangan benjolan-benjolan itu. Benjolan tersebut dapa menjadi kista yang menyakitkan. Hanya dengan mengurangi jumlah cangkir kopi yang Anda konsumsi dalam satu hari, dapat mengurangi benjolan yang ada.

  9. Peningkatan Tekanan Darah

    Kopi dapat meningkatkan tekanan darah segera setelah Anda meminumnya. Kafein juga dapat melepas lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan metabolisme Anda naik dan meningkatkan tekanan darah Anda.

  10. Halusinasi

    Kopi mengandung kafein yang menyebabkan reaksi yang sama dengan obat psikoaktif. Dengan demikian, efek berhalusinasi dapat terjadi karena terlalu banyak minum kopi. Hal ini menyebabkan seseorang tidak dapat mendengar dan merasakan suatu hal secara normal.

  11. Luka lambung

    Kafein juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Meskipun tidak secara langsung, tetapi kafein dapat mebuat asam lambung tinggi, bahkan hingga ke usus kecil, dan menyebabkan luka lambung akibat asam tersebut.

  12. Darah tinggi

    Darah tinggi bisa terpicu karena minum kopi, terutama pada mereka yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular. Terlalu banyak minum kopi memiliki pengaruh yang sangat buruk pada orang-orang dengan kondisi hati lemah, dan dapat mengakibatkan kematian.

  13. OsteoporosisTerlalu banyak kopi akan menghambat kemampuan saluran pencernaan untuk menyerap kalsium. Seiring dengan berjalannya waktu, sejumlah besar kafein mengurangi kepadatan mineral tulang seseorang dan dapat menyebabkan osteoporosis. Sifat kopi sebagai diuretik lah menyebabkan kalsium akan hilang melalui buang air kecil yang terus menerus.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Maka, minumlah kopi secukupnya dan tidak terlalu sering, untuk menghindari dampak buruk yang dapat muncul.

1 Comment

Comments are closed.