Beberapa contoh naskah pidato tentang ujian nasional berbahasa Indonesia

Beberapa contoh naskah pidato tentang ujian nasional berbahasa Indonesia – Tak berbeda dengan pidato tentang kesehatan atau tentang lingkungan sekolah. Pidato tentang ujian nasional juga topik yang sering dipilih dan bukan sebuah tugas yang mudah. Siapapun Anda yang mendapat tugas untuk menyampaikan pidato, topik tentang ujian nasional selalu menyulitkan karena ada kontroversi di dalamnya.

Untuk itu, GriyaGawe coba berikan beberapa sampel pidato tentang persiapan menyambut ujian nasional yang dapat Anda pergunakan. Tapi jangan lupa untuk dimodifikasi dan diubah suaikan dengan tempat, tanggal, tahun dan juga nama-nama yang hadir.

Beberapa contoh naskah pidato tentang ujian nasional berbahasa Indonesia

Contoh naskah pidato tentang ujian nasional pertama

Assalammualaikum Warahmatullohiwabarokatu

Bismillahirrohmanirrohim. Alhamdulillahirobbil alamin, assolatuwassalammuala asrafil ambiya`iwamursalin, waalaalihi wasohbihi ajmain. Amma ba`du.

Yang kami hormati Ibu Wiwik Purwanti selaku guru bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya banggakan. Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan rahmatnya kita bisa hadir disini tanpa kurang suatu apapun.

Dan tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, karena Beliaulah sebagai suri tauladan dalam kehidupan ini. Mudah-mudahan kita tergolong umat Beliau yang setia mengikuti ajarannya

Teman-teman yang saya banggakan, pada kesempatan ini saya akan sedikit bicara tentang persiapan dalam rangka menghadapi Ujian Nasional. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pintu gerbang menghadapi Ujian Nasional telah semakin dekat. Dan tentunya kita pasti berharap akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Ujian bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, tapi merupakan sesuatu yang harus dihadapi dengan penuh keseriusan dan percaya diri. Maka dari itu keseriusan dalam belajar dan semangat yang tak kunjung padam adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan.

Teman-teman yang tercinta, maka dari itu marilah kita giat belajar mulai dari sekarang. Jauhkanlah segala rasa malas, bosan, ataupun lelah dari diri teman-teman. Percayalah bahwa kita pasti bisa hadapi ini semua dengan baik. Jadi kesimpulan dari apa yang saya sampaikan tadi adalah marilah kita gunakan waktu dengan sebaik-baiknya selagi masih ada kesempatan. Insya Allah pada akhirnya nanti mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan bangga atas segala usaha yang telah kita lakukan.

Demikianlah materi ini saya sampaikan. Mudah-mudahan membawa manfaat. Dan tidak menutup kemungkinan terdapat hal-hal yang kurang berkenan, maka sudilah kiranya untuk memaafkan.
Billahitaufik walhidayat.

Wassalammualaikum Warohmatullohiwabarokatuh

Contoh naskah pidato tentang ujian nasional kedua

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Ibu ………….. selaku guru Bahasa Indonesia  dan teman teman siswa kelas XII yang saya banggakan. Terlebih dahulu, marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, sehingga kita dapat merasakan kesehatan serta kebahagiaan hingga saat ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Selanjutnya, salawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW yang membawa umat manusia dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat ini.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato berjudul “Persiapan Menghadapi Ujian Nasional”.

Teman teman yang berbahagia,

Ujian Nasional 2015 sudah di depan mata, Ujian Nasional 2015 ini rencananya dilaksanakan pada bulan April mendatang. Ujian Nasional ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki institusi pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi. Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar kita berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti.

Teman teman yang saya banggakan

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa kiat mengahadapi Ujian Nasional, yaitu:
1.      Hadapilah ujian dengan tenang
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan , kita harus menyadari bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

2.      Perbanyaklah berlatih mengerjakan soal dan jagalah kesehatan
Jika teman teman mengunjungi took buku, banyak sekali terdapat buku persiapan UN. Buku tersebut berisi kumpulan soal ujian nasional tahun lalu dan soal prediksi ujian nasional tahun 2015. Selain kumpulan soal, terdapat pula kunci jawaban dan pembahasan sehingga teman teman dapat belajar dari buku tersebut. Namun, kita tidak boleh hanya terfokus pada belajar. Teman teman harus pandai memenage waktu kapan kita harus belajar, waktu istirahat, waktu makan, waktu untuk tidur dan sebagainya sehingga kita dapat menghadapi ujian nasional dengan kindisi yang sehat.

3.     Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi.

4.      Efektifkan belajar di sekolah
Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah.

5.      Mohon doa restu dari orang tua
Mohon doa restu kepada kedua orang tua adalah hal yang sangat penting agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang hati mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UN agar mereka berhasil.

6.      Lakukan sholat malam
Untuk yang beragama islam, dapat memperbanyak solat malam,untuk memperoleh ketenangan batin serta mendekatkan diri kepada Allah swt. tak lupa juga diiringi dengan doa, memohon kepada sang pencipta agar diberikan ketenangan jiwa, dibukakan pikiran dan hati yang jernih sehingga dapat focus dan konsentrasi pada saat menghadapi ujian nasional.

Teman teman yang saya sayangi,

Itulah beberapa kiat mengahadapi Ujian Nasional yang dapat saya sampaikan, sebelum saya mengakhiri pidato saya, saya menghimbau teman-teman agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional. Saya menyarankan agar teman-teman dapat memaksimalkan hal-hal yang telah disebutkan agar hasil Ujian Nasional yang kita dapatkan bisa maksimal pula. Terakhir, saya berharap semoga kita sukses Ujian Nasional 2015 dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Atas perhatian teman-teman saya ucapkan terima kasih, dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam bertutur kata.
Saya akhiri, wabillahi taufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh naskah pidato tentang ujian nasional ketiga

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati bapak atau ibu guru SMAN 2 Bojongloa kususunya bapak Edy Suripno,S.Pd sebagai guru bahasa Indonesia di kelas XII-IPA4, yang saya sayangi dan saya cintai teman-teman sekalian kelas XII-IPA4, dan para hadirin sekalian yang saya hormati, Dengan penuh rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari yang bersejarah ini, kita dapat berkumpul bersama untuk menghadiri ujian praktek, kususnya bahasa Indonesia.

Hadirin sekalian yang saya muliakan, dalam kesempatan ini saya akan berpidato dengan tema “ Persiapan Menghadapi Ujian Nasional “. Mengapa saya mengangkat tema ini sebagai bahan pidato saya pada hari ini, karena menurut saya ini adalah salah satu pengalaman dan fenomena yang bisa kita ambil segi positifnya dan menjadikan sebuah motifasi. Menurut berbagai pendapat, banyak orang mengatakan yang paling perlu dipersiapkan untuk menghadapi ujian nasional yaitu mental, karena jika mental kita lemah, maka sesuatu tantangan apapun kita tidak bisa menghadapinya walaupun itu mudah. Maka dari itu kita harus mempersiapkan mental kita dalam menghadapi ujian nasional.

Yang kedua perlu kita persiapkan yaitu kemampuan, kemampuan dalam arti belajar untuk menghadapi ujian nasional. Pada kemampuan inilah kita bisa melatihnya dengan giat dan rajin terus berusaha untuk mencapai kesuksesan, dan tidak lupa disiplin adalah kunci dari pada sukses. Tidak ada kata terlambat dan didunia ini tidak ada yang tidak mungkin semua akan menjadi mungkin, karena jika ada niat pasti ada jalan.

Ketiga adalah do’a, semua tidak luput dari kendali Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita biasa merencanakan sesuatu tetapi yang menghedaki adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, kita pasrahkan semua apa yang akan terjadi, dan terus berdo’a kepada-Nya. Sesunggunya kita adalah makhluk yang lemah dihadapan Tuhan, jangan sampai kita memiliki sifat sombong karena tanpa pertolongan dan ridho-Nya kita tidak mungkin bisa meraih sebuah kesuksesan. Dan semoga do’a kita hari ini dan kelak nanti akan tarus didengar dan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa yaitu Allah S.W.T, amin.

Semoga apa yang saya sampaikan dalam pidato saya kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Saya mohon maaf apabila ada salah kata atau sesuatu yang tidak berkenan dihati mohon dimaafkan, dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan waktu yang telah diberikan. Saya akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikian tadi beberapa contoh naskah pidato tentang ujian nasional berbahasa Indonesia, salah satu di antaranya barangkali tepat untuk siswa yang sedang duduk di bangku akhir SMP atau SMA. Silahkan dipergunakan, tapi jangan lupa diubah lagi ya.