Bibi Ka Maqbara, Taj Mahal ‘kedua’ di India

Tahukah Anda bahwa di India mempunyai dua Taj Mahal? Benar, ada sebuah monumen yang sangat identik dengan Taj Mahal yang berdiri di Aurangabad, Maharashtra, India. Namanya adalah Bibi Ka Maqbara.

Bibi Ka Maqbara, yang berarti Makam seorang Wanita, dibangun oleh Pangeran Azam Shah, anak keenam dari Kaisar Mughal Aurangzeb. Pembangunannya dilaksanakan sekitar tahun 1651 dan 1661 untuk mengenang kematian sang ibu, Dilras Banu Begum.

bibi-ka-maqbara-116Bibi Ka Maqbara sendiri dibangun karena terinspirasi dari Taj Mahal yang telah dikenal sebelumnya. Taj Mahal dibangun oleh kakek dari Pangeran Azam Shah, yaitu Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang sang istri Mumtaz Mahal.

Bibi Ka Maqbara2

Sebenarnya, Pangeran Azam berniat membangun monumen ini sebagai saingan dari Taj Mahal, namun sayang monumennya tetap tidak dapat menyaingi momumen sang kakek tersebut. Meski begitu, Bibi Ka Maqbara merupakan keajaiban arsitektur dengan desain yang rumit, motif ukiran, struktur serta adanya keindahan taman Mughal-gaya. Karena kemiripan yang kuat dengan Taj Mahal, bangunan itu dijuluki “Taj Deccan”.

Bibi Ka Maqbara3

Makamnya berdiri di tengah selungkup yang luas berukuran sekitar 458 meter dengan 275 meter, dengan kolam aksial, air mancur, dan saluran air, banyak ditentukan oleh layar batu dan dilapisi dengan jalur yang luas. Taman ini tertutup oleh tembok tinggi dengan benteng dan paviliun terbuka di tiga sisi.

Bibi Ka Maqbara4Makam ini dibangun pada panggung persegi tinggi dengan empat menara di sudutnya, persis seperti Taj Mahal, dan didekati oleh penerbangan langkah dari tiga sisi. Kubah bawang utamanya, bagaimanapun, lebih kecil dari kubah dan menara Taj yang lebih pendek.

Bibi Ka Maqbara5Jika diamati, Bibi Ka Maqbara bisa dibilang merupakan suatu hasil pekerjaan yang indah, tetapi tetap tak bisa dibandingkan dengan Taj Mahal yang terkenal. Sementara monumen Taj Mahal di Agra seluruhnya terbuat dari marmer putih murni, makam di Aurangabad ini terbungkus dengan marmer hanya sampai tingkat dado, lalu diatasnya ditutupi dengan plester halus dipoles untuk memberikan finish seperti marmer. Hanya kubah bawang dibangun dengan marmer.

Bibi Ka Maqbara6Menurut catatan, di masa itu Pangeran Azam Shah menghabiskan biaya 700.000 Rupee untuk membangun Bibi Ka Maqbara. Sebagai perbandingan, Taj Mahal dibangun dengan biaya sekitar 32 juta Rupee pada waktu itu. Ini mungkin alasan lain mengapa Bibi Ka Maqbara sering disebut sebagai “Taj Mahal-nya orang miskin”.
OLYMPUS DIGITAL CAMERAEksistensi Bibi Ka Maqbara yang tidak terlalu menonjol merupakan konsekuensi dari kurangnya minat dan perhatian Kaisar Aurangzeb pada arsitektur. Awalnya Kaisar Aurangzeb tidak mendukung membangun monumen sebagai mewah sebagai saingan Taj Mahal.

Bibi Ka Maqbara8Monumen ini dicegah pembangunannya dengan cara menghalangi pengiriman marmer dari Rajasthan dan berbagai bagian lain dari kerajaan Mughal. Tapi anaknya Alam Shah bertekad untuk memiliki monumen untuk ibunya yang mungkin bersaing dengan Taj. Entah bagaimana, Alam Shah membujuk ayahnya yang akhirnya mengalah dan berdirilah Bibi Ka Maqbara ini.

Bibi Ka Maqbara9