Cara membuat media tanam yang ideal untuk aglaonema

Cara membuat media tanam yang ideal untuk aglaonema – Media tanam bagi aglaonema sama pentingnya seperti manusia membutuhkan tempat tinggal dan pakaian yang layak. Media tanam yang ideal membuat aglaonema dapat tumbuh secara optimal, daun, pondasi akar, dan warna pun terlihat mantap. Berikut ini adalah cara membuat media tanam yang ideal untuk aglaonema.


Penampilan tanaman aglaonema misalnya aglaonema pride of sumatera, tiara, lady valentine, atau snowhite di toko-toko bunga hidup atau di tempat lain memang biasanya terlihat lebih prima ketimbang punya kita sendiri. Tanaman terlihat segar, subur ditandai dengan daun yang sehat dan mengeluarkan pantulan cahaya mengkilap. Itu adalah dikarenakan racikan media tanam yang oke.

Cara membuat media tanam yang ideal untuk aglaonemaIdealnya aglaonema tidak disarankan untuk memakai media tunggal seperti tanah atau pasir. Sebaliknya harus dikombinasi atau dicanmpur dengan bahan atau media tanam lain. Banyak pakar yang berpandapat bahwa pasir justru sulit menyerap air, padahal air sangat penting bagi Aglaonema.

Membuat media tanam yang ideal untuk aglaonema dapat dilakukan dengan campuran pasir, pakis dan kaliandra dengan perbandingan 3:1:2, kedua dapat dengan campuran cocopeat, sekam dan pasir malang (1:2:1) kemudian dengan campuran sekam, kompos, cocopeat dan pupuk kandang (2:2:1:1)

Dengan racikan tersebut, maka media tanam akan berimbang dan dapat merangsang pertumbuhan Aglaonema secara optimal. Selain itu diperlkukan juga pendukung yang lain untuk memaksimalkan hasil.