Inilah alasan mengapa arah jarum jam berputar ke kanan

Inilah alasan mengapa arah jarum jam berputar ke kananJam merupakan penanda waktu bagi manusia. Dengan jam manusia dapat membagi waktunya dengan baik. Bayangkan saja tidak ada jam di dunia ini. Maka dunia akan berantakan dan tak teratur. Jam sangatlah penting bagi kita untuk selelu disiplin mengigat waktu.


 
Inilah alasan mengapa arah jarum jam berputar ke kanan
Jaman dahulu kala jam hanya bisa dinikmati oleh bangsawan saja. Jam merupakan barang mewah dan mahal tidak semuanya mampu membeli jam jaman dahulu. Selain itu jam jaman dahulu memiliki bentuk yang besar besar. Para kaum bangsawan menggunakan jam besar bukan hanya sebagai penanda waktu akan tetapi sebagai hiasan dinding juga.
 
Seiring perkembangan jaman, jam dari waktu ke waktu mulai dapat di buat lebih simpel. Dewasa ini jam sudah menjamur atau sudah banyak dimiliki oleh kaum kaum biasa. Jam jaman sekarang juga tampil lebih trendy. Sekarang ini banyak orang menggunakan jam untuk berpenampilan lebih gaya.
 
Namun tahukah anda mengapa arah jarum jam berputar kekanan ?. jarum jam berputar kekanan ini bukan suatu kejadian tanpa alasan. Arah jarum jam berputar ke kanan ini memiliki sejarah yang besar. Tidak semata mata arah jarum jam di buat ke kanan.
 
Sebenarnya jam ini sudah dikenal sejak jaman nenek moyang. Bangsa yang lebih dahulu mengenal jam adalah bangsa mesir kuno. Bangsa mesir kuno adalah bangsa yang mempunyai peradapan lebih maju, bangsa ini sudah bisa mengamati matahari. Mereka menggunakan pergerakan matahari untuk membuat jam. Mereka membuat jam dengan membuat suatu tugu. Tugu tersebut disebut dengan obelik. Ketika matahari bergerak maka bayangan tugu itu juga ikut bergerak, dari sanalah mereka dapat mengukur waktu. Karena mesir berada di belahan bumi utara sedangkan matahari terbit dari arah timur maka pergerakan bayangan jam tersebut ke arah kanan. Sehingga sampai sekarang ini arah jarum jam berputar ke kanan.
 
Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa arah jarum jam berputar ke kanan. Seandainya bangsa mesir berada di belahan bumi selatan membuat tugu obelik diatas maka bayangan tugu tersebut akan megarah ke kiri dan akan membuat jam yang kita kenakan berputar ke arah kiri.
 
Hal kecil semacam itu sangatlah mempunyai nilai sejarah yang besar. Dengan mengetahui nilai sejarah tersebut kita akan memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman. Sejarah bukan untuk dikenang akan tetapi jadikan sejarah sebagai penuntun dalam kehidupanmu.
 
Demikian alasan mengapa arah jarum jam berputar ke kanan. Semoga para pembaca lebih tahu akan info-info yang menarik dari sekitar kita sederhana seperti alasan mengapa arah jarum jam berputar ke kanan yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui.