Keren! Solo bakal punya wisata air Kali Pepe

Bersiaplah, bakal ada satu wahana wisata baru di Kota Solo. Pada awal tahun 2015 mendatang, Pemerintah Kota Solo bakal memulai pembangunan wisata air Kali Pepe yang berada di jantung kota Solo. “Pembangunannya segera dimulai. Awal Januari 2015,” kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Sungai ini berada di tengah kota yang membentang dari Gilingan-Bendung Karet Tirtonadi-Balapan-Pasar Legi-Pasar Gede-Demangan memiliki potensi budaya ekonomi yang tinggi, kata FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan Taman Keprabon yang berada di pinggir Kali Pepe, Selasa.


“Wisata air akan dimulai digarap dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jl Jenderal Sudirman hingga belakang Pura Mangkunegaran. Taman Keprabon ini masuk menjadi salah satu penataan Kali Pepe,” katanya.

Pemkot Surakarta akan memasang filter atau penyaring di aliran sungai agar kondisi sungai bersih dan layak dijadikan sebagai wisata air. Selama ini masih banyak sampah rumah tangga berserakan di aliran sungai tersebut, kata FX Hadi Rudyatmo yang akrab dipanggil Rudy.

Ia mengingatkan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Warga bisa dijatuhi denda Rp50 juta jika terbukti membuang sampah sembarangan. “Ya kalau sudah ditata jangan buang sampah ke sungai. Sudah ditata kalau sampai masih ada yang buang sampah ke sungai itu keterlalulan. Nanti bisa didenda Rp50 juta,” katanya.

Rudy mengatakan penataan Kali Pepe telah mulai dikerjakan, salah satunya pembangunan rumah deret, ditargetkan pembangunan rumah deret rampung tahun depan. Warga bisa menempati rumah deret tersebut dan diharapkan kawasan Kali Pepe menjadi ikon wisata air bagi Solo. Tidak lagi hanya sekedar drainase kota, tapi bisa menjadi magnet wisata baru.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Surakarta Agus Djoko Witiarso mengatakan konsep wisata air tengah dimatangkan di aliran sepanjang Kali Pepe. Pemkot telah mulai melaksanakan penataan kawasan Kali Pepe.

Ia mengatakan, selain itu Pemkot juga mematangkan rencana pembangunan embung di kawasan Tirtonadi. Pembangunan embung akan dijadikan sebagai wahana wisata air baru di Kota Solo.