Manfaat Okra bagi penderita diabetes, benarkah?

Manfaat Okra bagi penderita diabetes, benarkah? Okra sering disebut sebagai tanaman jari wanita dengan nama botani adalah abelmoschus esculentus. Di negara tropis okra sering digunakan untuk bahan makanan, Okras sangat rendah kalori hanya 30 kalori per 100 gram tanpa lemak jenuh atau kolesterol. Okras kaya nutrisi karena mengandung vitamin C dan K, serta sejumlah besar magnesium.


Pertanyaannya sekarang, benarkah okra bermanfaat bagi penderita diabetes? Berikut penuturannya yang menjabarkan secara spesifik manfaat okra bagi penderita diabetes.

Manfaat Okra bagi penderita diabetesMakanan Low GI (Glycemic Index)

Jika Anda penderita diabetes, praktisi kesehatan Anda akan menyarankan Anda untuk makan makanan dengan nilai GI rendah. Okra adalah salah satu makanan yang mempunya kandungan indeks GI 20 dan sesuai standar medis, nilai GI okra dianggap sangat rendah.

Kaya Serat Larut

Serat larut yang bermanfaat dalam mengobati diabetes karena mereka memainkan peran penting dalam pencernaan karbohidrat. Okra mengandung sejumlah besar serat larut, yang membantu dalam memperlambat proses pencernaan dan mengurangi dampak karbohidrat pada diabetes.

Mencegah Penyakit Ginjal

Masalah ginjal adalah ancaman jika Anda didiagnosis dengan diabetes tipe-2. Hampir setengah dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal disebabkan oleh diabetes. Jika Anda mengkonsumsi okra secara teratur dalam diet, itu akan membantu mencegah penyakit ginjal.

Membantu Dalam Pencernaan

Karena kandungan serat larut yang, okra membantu mempercepat sistem pencernaan, meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

Sumber Antioksidan

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, maka dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Okra mengandung sejumlah besar antioksidan seperti quercetin, catechin, epicatechin dan procyanidin. Jadi, tidak hanya mencegah dan mengobati diabetes, tetapi sejumlah masalah kesehatan lainnya! Tidak diragukan lagi jika okra disebut makanan super!

Ada beberapa studi ilmiah yang menunjukkan Manfaat Okra bagi penderita diabetes

Satu studi tersebut diterbitkan dalam journal of Pharmacy and Allied Sciences, 2011. Para peneliti di India menemukan bahwa tikus yang diberi makan kering dan biji dan kulit okra menunjukkan penurunan kadar glukosa darah.

Sekelompok tikus lain yang berada di makan teratur ekstrak okra selama sekitar sepuluh hari, menunjukkan penurunan bertahap dalam kadar gula darah.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minimal 3 sampai 5 porsi sayuran non-tepung sehari-hari dan okra cocok dengan angka tersebut. Setengah cangkir dimasak okra sama dengan yang disarankan oleh ADA.