Mengagumi Keindahan Kawah Ijen

Kawah Ijen atau disebut juga Gunung Ijen, merupakan gunung yang hingga kini diketahui masih aktif. Kawah Ijen terletak di tiga kabupaten sekaligus, yakni Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Hal ini dikarenakan Kawah Ijen berada di komplek gunung berapi, yang terdiri dari beberapa dataran tinggi dan kawah itu sendiri.

Dari kejauhan, danau yang ada di Kawah Ijen akan menampakkan warna biru kehijauan yang sangat indah. Danau ini dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan berada pada ketinggian sekitar 2.433 meter di atas permukaan laut. Dan pada malam hari, Anda akan menyaksikan keindahan alam yang lebih dan tak akan terlupakan dari Kawah Ijen.


 

Kawah Ijen
Kawah Ijen
Kawah Ijen
Kawah Ijen pada Malam Hari

Gunung Ijen ini diketahui telah empat kali meletus, yakni pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Sedangkan pada danaunya memiliki derajat keasaman nol, kedalamannya mencapai 200 meter dan volumenya hampir 40 juta meter kubik. Hal ini membuat danau Kawah Ijen termasuk salah satu danau kawah terbesar didunia.

Kawah Ijen
Kawah Ijen

Selain keindahan panoramanya, di kawasan ini Anda juga dapat menyaksikan proses pengangkutan batuan belerang oleh manusia (di negara lain menggunakan alat atau kendaraan). Para pekerja tersebut mampu mengangkut 85 kilogram batu belerang dan membawanya sejauh 300 meter dengan menuruni gunung sejauh 3 kilometer. Hebat ya!

Kawah Ijen
Kawah Ijen
Belerang
Tambang Belerang

Kawasan belerang ini dapat memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Meski berbahaya, namun tidak ada yang mampu menolak keindahan Kawah Ijen yang menyegarkan mata. Dari arah utara melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) melewati Wonosari yang kemudian dilajutkan ke Paltuding. Jarak dari Situbondo ke Paltuding sekitar 93 kilometer dan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, Anda dapat melalui Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 kilometer. Kemudian dari Licin menuju ke Paltuding yang berjarak 18 kilometer dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat, sekitar 6 kilometer sebelum ke Paltuding. Jauh memang, tapi untuk menikmati indahnya ciptaan Tuhan seperti Kawah Ijen ini tentu semua kelelahan akan terbayar lunas.

Kawah Ijen
Kawah Ijen
Kawah Ijen
Kawah Ijen pada malam hari