Mengapa harga iPhone mahal? Ini dia jawabannya!

Jika produsen telepon selular (ponsel) kini berlomba-lomba menjaring peminatnya dengan cara memproduksi smartphone yang ramah dari sisi kantong alias terjangkau dan mura, tidak demikian dengan iPhone. Sejak diluncurkannya sampai saat ini harga iPhone terkenal mahal sehingga hanya kalangan tertentu saja yang tertarik untuk menggunakan gadget ini. Mengapa demikian?

alasan kenapa iphone mahal

Tidak seperti pesaing lainnya yaitu produsen ponsel berbasis Android dan atau OS Windows telah banyak memproduksi smartphone murah dan terjangkau, Apple malah memproduksi telepon seluler dengan harga yang terbilang mahal.

alasan kenapa iphone mahal2

Salah satu contohnya adalah produk terbaru dari Apple ini yaitu iPhone 6 dan iPhone 6+ dimana keduanya kini berharga diatas 13 jutaan, diatas rata-rata smartphone jaman sekarang yang biasanya berkisar pada harga 2 jutaan hingga 4 jutaan .

Apple Unveils iPhone 6Ternyata ada hal-hal tertentu yang membuat iPhone tetap dibandrol dengan harga tinggi.  Salah satu alasannya adalah bila sebuah produk dijual dengan harga murah maka dapat dipastikan banyak vitur yang tidak lengkap dan kualitas yang rendah, hal ini diungkapkan oleh CEO Apple yakni Tim Cook yang menganggap bahwa ponsel murah adalah sampah elektronik.

alasan kenapa iphone mahal4
Menurut Cook, tidak semua orang menginginkan ponsel dengan harga murah namun minim kualitas. Ada kalangan tertentu yang memang membutuhkan ponsel pintar dengan fitur-fitur yang berkualitas, tidak peduli dengan harganya. Kalangan itulah yang menjadi bidikan Apple dan akan melakukan terobosan untuk bersaing dalam hal kualitas.

Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat Apple juga akan mengeluarkan ponsel murah namun tetap mempertahankan kualitas yang ada, inilah yang sedang dicarikan solusinya. Disamping hal tersebut Apple sebagai produsen iPhone tidak ingin produknya disebut sebagai ponsel murahan.
alasan kenapa iphone mahal5

Hal lain yang membuat Apple tetap mempertahankan harga yang tinggi untuk ponselnya karena sampai saat ini dengan harga yang paling murah di kisaran 5 jutaan saja Apple masih bisa meraup keuntungan dari penggemar fanatiknya, itu artinya tetap saja ada yang membeli meski harganya mahal.

Apple termasuk produsen yang mendapatkan keuntungan sangat besar terutama dari penjualan iPhone yang pada kuartal dua tahun 2013 saja telah berhasil meraup keuntungan sebesar US$ 3,2 miliar atau sekitar 40 triliun rupiah.

alasan kenapa iphone mahal6
Mempertahankan brand Apple itu juga merupakan salah satu alasan kenapa harga iPhone tetap tinggi dibanding ponsel lainnya, hal ini terbukti pada akhir tahun 2013 Apple berhasil menggeser sebuah perusahaan minuman yang sudah 13 tahun berada di posisi teratas sebagai peusahan paling bernilai.

Hal ini merupakan prestasi luar biasa bagi Apple setelah bersaing dengan beberapa perusahaan besar lainnya seperti Google, IBM dan Microsoft. Dengan mempertahankan harga tetap tinggi di kelasnya membuat kebanggaan orang yang memiliki produk Apple tersebut.