Pantai Pandawa Bali, objek wisata baru di Bali

Candi Sukuh (Foto: kemoning.info)

Pantai Pendawa Bali – Pulau Bali memang menjadi surganya para traveler. Pulau yang berjuluk sebagai Pulau Dewata dan menjadi wisata nomer satu indonesia itu memang tak pernah kehabisan pesona. Pasalnya, Pulau bali selalu menghadirkan objek wisata atau atraksi wisata baru. Salah satunya adalah pantai Pendawa. Pantai Pendawa merupakan sebuah pantai wisata yang baru di Pulau Bali.

Tak seperti pantai lainnya yang sudah dulu terkenal seperti pantai Sanur, Kuta, atau Jimbaran, Pantai Pandawa tergolong sebagai pantai perawan di Bali karena belum begitu banyak wisatawan yang mengunjungi. Meski belum seramai pantai Kuta, bukan berarti pantai ini kalah indahnya. pantai ini belum ramai karena memang masih relatif baru dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Padahal, potensinya sangat luar biasa.


Jalan Pantai Pandawa
Jalan Pantai Pandawa

Pantai ini memiliki panorama alam yang begitu mempesona karena terdiri dari barisan tebing kapur dengan jalan raya yang menembusnya membuat sebuah lorong sepanjang perjalanan memasuki Pantai Pendawa. Bukit yang dibelah ini mirip dengan yang ada di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Selain memudahkan akses masuk, tebing tebing kapur ini tentu saja memberikan efek artistik yang sangat menarik, apalagi di abgian dekat pantai terdapat lubang lubang yang diisi dengan relief serta patung pandawa yang membuatnya terlihat lebih “nyeni”.

Patung Pandawa
Patung Pandawa

Pantai Pandawa di Bali ini sebelumnya terkenal dengan nama secret beach karena hanya beberapa kalangan saja yang menegenalnya, terutama adalah peselancar. pantai ini memang terletak di daerah terpencil dekat Jimbaran mayoritas penduduk di sini bekerja sebagai petani rumput laut. karena sulitnya akses masuk ke pantai, menjadikan hanya kalangan tertentu yang mengetahui pantai ini, oleh sebab itu sering disebut Secret Beach. namun seiring dengan banyaknya minat wisatwan berkunjung ke pantai ini, akhirnya dibuatlah akses jalan dengan cara membelah bukit seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Suasana Pantai Pandawa yang masih "perawan"
Suasana Pantai Pandawa yang masih “perawan”

Pantai Pandawa masuk dalam kategori pantai karang dan memiliki pasir putih yang cukup landai. pantai ini sangat cocok bagi pecinta wisata pantai terutama yang ingin bermain main di air karena ombaknya yang cukup tenang. Di sini pengunjung bisa bermain kano, dan sangat aman untuk anak anak. Di pantai ini kita juga bisa melihat kegiatan para petani rumput laut membudidayakan tanaman ini, sehingga tak hanya menikmati keindahan pantai belakan.

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai pandawa terletak di daerah kuta Selatan yaitu Desa kutuh. Letak pantai ini tak jauh dari Uluwatu dan Nusa Dua. Untuk menuju Pantai pandawa, dari kota Denpasar anda bisa menuju ke arah selatan atau arah Uluwatu, kemudian setelah melewati daerah sekitar GWK, ambil arah kiri menuju Nusa Dua. dari situ sudah banyak plang penunjuk arah ke pantai yang bisa diikuti. Harga Tiket masuk Pantai Pandawa cukup murah yaitu hanya Rp. 2000/orang. Berikut ini peta menuju Pantai Pandawa.