Pulau Bawah, pulau tropis terindah se-Asia

Pantai Pulau Bawah Anambas yang berpasir putih, ditambah nyiur hijau melambai, laut bergradasi biru muda, toska sampai biru pekat sementara di titik lain terdapat jajaran batu granit bak benteng alam, tentu setiap orang akan terpesona akan keindahannya.

Pulau Bawah (disbudparanambas.blogspot.com)
Pulau Bawah (disbudparanambas.blogspot.com)

Pulau Bawah memiliki dua pantai berhadapan yang di saat surut dapat dijelajahi jalan kaki menuju pulau kecil di depannya. Sementara gugusan pulau sekelilingnya “berhiaskan” bebatuan granit yang sekilas mengingatkan kepada panorama pesisir Belitung barat. Sebagai catatan, Pulau Bawah dikelilingi empat pulau kecil antara lain bernama Pulau Lidi, Elang, Muba dan Sangga.


Keindahan inilah, yang disebut Tengku Mukhtaruddin, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas seperti pemandangan di Maldives atau Maladewa. Keindahan Pulau Bawah dapat disandingkan dengan Maldives.

Maka tak heran apabila Pulau Bawah yang terletak di Kecamatan Siantan Selatan ini menyandang Asia’s Top Five Tropical Island Paradise atau pulau tropis teridah se-Asia yang diselenggarakan oleh CNN.com

Pulau Bawah juga memiliki keindahan alam bawah laut yang juga tak kalah cantik, Di Pulau Bawah Anda bisa menikmati kegiatan menyelam di perairan dangkal, snorkeling, kano dan kayak serta menikmati aneka hidangan sari laut. Di bawah laut Anda akan banyak menjumpai banyak penyu, terumbu karang warna-warni dan ikan yang beragam di Pulau Bawah.”

Tidak itu saja, ekosistem hutan tropis Pulau Bawah masih sangat bagus dan di sini terdapat terumbu karang dengan banyak jenis.(natgeo)

Pulau Bawah (travel.detik.com)
Pulau Bawah (travel.detik.com)
Pulau Bawah (anambasbeach.blogspot.com)
Pulau Bawah (anambasbeach.blogspot.com)