Railbus siap beroperasi, ayo dolan Wonogiri!

Mau liburan menjelajahi Kota Wonogiri? Sekarang tak perlu bingung, sudah ada moda transportasi yang murah, aman dan tentu nyaman. PT Kereta Api Indonesia siap mengoperasikan Railbus Batara Kresna jurusan Solo – Wonogiri.

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) optimistis jalur kereta api (KA) Solo-Wonogiri dapat dioperasikan tahun ini. Kemenhub bahkan telah menyiapkan harga tiket untuk perjalanan dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Wonogiri itu.


Railbus "Bathara Kresna" melintasi Stasiun kuno Kalisamin di Bugel, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (4/12). Setelah tertunda selama lebih dari 2 tahun karena masalah penentuan tarif dan kesiapan prasarana, PT. Kereta Api Indonesia menyatakan Railbus "Bathara Kresna" siap dioperasikan untuk melayani jalur Solo-Wonogiri. ANTARA FOTO/Andika Betha/Rei/pd/14.
Railbus “Bathara Kresna” melintasi Stasiun kuno Kalisamin di Bugel, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (4/12). Setelah tertunda selama lebih dari 2 tahun karena masalah penentuan tarif dan kesiapan prasarana, PT. Kereta Api Indonesia menyatakan Railbus “Bathara Kresna” siap dioperasikan untuk melayani jalur Solo-Wonogiri. ANTARA FOTO/Andika Betha/Rei/pd/14.

Kepala Seksi Angkutan Antar Kota Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub RI, Fitri Antara, mengatakan tarif tiket jalur Solo-Wonogiri telah disepakati dalam rapat Kemenhub, yakni senilai Rp4.000.

Beberapa waktu lalu, Tim gabungan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Jogja, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Dishubkominfo Sukoharjo, dan Dishubkominfo Wonogiri melakukan uji coba railbus jurusan Solo-Wonogiri PP, Kamis (27/11/2014).

“Kami optimis pengaktifan kembali jalur Solo-Wonogiri bisa terealisasi tahun ini. Sebenarnya jalur ini kan sudah pernah aktif tinggal bagaimana mengemasnya kembali secara apik,” kata Fitri saat ditemui wartawan di Loji Hotel Solo seusai melakukan uji coba railbus jalur Solo-Wonogiri seperti dikutip dari Solopos.

Fitri menambahkan masih ada beberapa permasalahan di beberapa bagian jalur Solo-Wonogiri. Namun secara umum dia menyatakan perjalanan kereta terbilang lancar.

“Tadi baru 30 km/jam, harusnya bisa 60 km/jam. Kan masih ada perbaikan sampai akhir tahun nanti, masalah-masalah itu akan terus diperbaiki, semoga sesuai target kami,” jelas dia.

Railbus "Bathara Kresna" kala menyeberangi Sungai Bengawan Solo saat menjalani uji coba di perbatasan Solo-Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (4/12). Setelah tertunda selama lebih dari 2 tahun karena masalah penentuan tarif dan kesiapan prasarana, PT. Kereta Api Indonesia menyatakan Railbus "Bathara Kresna" siap dioperasikan untuk melayani jalur Solo-Wonogiri. ANTARA FOTO/Andika Betha/Rei/pd/14.
Railbus “Bathara Kresna” kala menyeberangi Sungai Bengawan Solo saat menjalani uji coba di perbatasan Solo-Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (4/12). Setelah tertunda selama lebih dari 2 tahun karena masalah penentuan tarif dan kesiapan prasarana, PT. Kereta Api Indonesia menyatakan Railbus “Bathara Kresna” siap dioperasikan untuk melayani jalur Solo-Wonogiri. ANTARA FOTO/Andika Betha/Rei/pd/14.

Dalam uji coba tersebut, tim menemukan kabel listrik putur di pinggir rel KA serta dahan pohon besar di Jl. Slamet Riyadi Solo yang dinilai mengganggu perjalanan railbus.

Pejabat Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan jalur rel Solo-Wonogiri sudah berusia tua dan cukup lama tidak digunakan.

“Waktu tempuh perjalanan sekitar dua jam karena railbus berjalan pelan dan hati-hati. Kecepatannya hanya sekitar 15 km/jam-20 km/jam,” katanya.

Railbus jurusan Solo-Wonogiri PP dapat menampung 208 penumpang. Perinciannya, penumpang duduk sebanyak 80 orang dan berdiri 128 orang.

“Mobilitas masyarakat dari Solo-Wonogiri maupun sebaliknya cukup tinggi. Saya berharap railbus dapat beroperasi dalam waktu dekat,” kata dia.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, menjelaskan belum dapat memastikan waktu pengoperasian railbus jurusan Solo-Wonogiri PP.