Ratusan wisatawan terdampar di taman nasional Malaysia

Akibat cuaca buruk yang terjadi di Malaysia, sebanyak 100 pelancong, termasuk di antaranya 60 wisatawan asing terdampar di satu taman nasional Malaysia. Mereka tidak bisa keluar dari kawasan taman nasional akibat hujan lebat. Reuters menyebut, hujan yang terjadi merupakan terlebat yang pernah terjadi sepanjang 40 tahun.

Untuk menyelamatkan para wisatawan, pihak berwenang mengirimkan perahu dan helikopter untuk mengevakuasi mereka.


Sementara itu, di tempat lain, Sekitar 84 orang tamu antara lain berasal dari Kanada, Inggris, Australia, Rumania dan 10 pegawai resor Mutiara Taman Negara di pesisir timur negara bagian Pahang terdampar setelah air sungai meluap, kata petugas resor kepada Reuters.

FOTO ILUSTRASI - Evakuasi dengan helikopter
FOTO ILUSTRASI – Evakuasi dengan helikopter

Petugas Penyelamat dan Pemadam Kebakaran mengirimkan perahu-perahu dan mencari titik aman untuk mendaratkan helikopter, katanya.

Taman tersebut terkenal sebagai daerah tujuan wisata ekologi, merupakan hutan hujan tropis membentang seluas 434.300 hektare, terkenal dengan curah hujan yang tinggi sejak 1971 dan membawa banjir ke pesisir timur negeri tersebut, tulis kantor berita Malaysia, Bernama.

Penduduk diperingatkan untuk menghindari daerah pantai dan mulut sungai karena air pasang diperkirakan mencapai puncaknya dalam dua malam mendatang, diberitakan harian Malaysia, New Straits Times.

Semenanjung timur Malaysia itu kerap dilanda banjir dalam musim munson Timur Laut.

Pada tahun ini sekitar 60.000 penduduk diungsikan karena banjir dan mereka kebanyakan dari daerah pesisir timur, tulis Bernama.

Kondisi di permukiman warga saat ini, air sudah mulai surut di sejumlah desa, sedangkan arus sungai yang mengalir dari pegunungan Jatiwangi sudah mulai kembali normal.