Ternyata ada arti di balik posisi tidur Anda

Saat tidur, kita memang seringkali tak ingat apa yang kita lakukan. Namun ternyata di balik kebiasaan atau posisi tidur yang dilakukan di bawah alam sadar tersebut, tersimpan arti tersendiri. Percaya atau tidak? Coba buktikan dengan mencari arti dari posisi tidur Anda.

Fetal Position


arti di balik posisi tidur1

Dinamai fetal position karena posisi tidur ini menyerupai posisi janin di dalam rahim ibunya. Posisi menyamping dengan kaki dan tangan menekuk ke arah dada alias “meringkuk” ini merupakan posisi yang paling lazim ditemukan. Hampir 41 persen orang tidur dalam posisi ini.

Jika Anda termasuk dalam 41 persen itu, berarti Anda memiliki sikap yang keras dan agresif, namun di sisi lain juga memiliki sisi sensitif yang diam-diam membutuhkan perlindungan.

Log Position

arti di balik posisi tidur2

Posisinya tidur menyamping dengan kaki lurus, dan salah satu tangan menempel pada paha sementara tangan lainnya diselipkan di bawah bantal.

Orang yang tidur dalam posisi ini umumnya senang bersosialisasi, ramah, mudah percaya, dan selalu memelihara kepercayaan yang diberikan padanya, serta memiliki pembawaan yang santai.

Yearner Position

arti di balik posisi tidur3

Konon, seseorang yang tidur dalam posisi ini termasuk tipe orang yang sinis dan mudah curiga. Di sisi lain, ia juga dinilai pintar berpura-pura, berpendirian keras, namun juga berpikiran terbuka dan senang mencoba hal baru.

Seperti apa posisi ini? Tak terlalu berbeda dengan log position, yearner position adalah posisi tidur menyamping dengan kaki lurus, namun kedua tangan melipat ke arah dada.

Soldier Position

 

arti di balik posisi tidur4

Anda tidur telentang dengan posisi tangan masing-masing di sisi kanan dan kiri tubuh serta kaki yang tegak lurus. Disebut soldier position karena posisi ini begitu tegap laiknya tentara yang akan berperang.

Penelitian menunjukkan, orang yang tidur dalam posisi ini cenderung sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan lebih berisiko untuk mendengkur. Namun mereka cenderung kalem, tenang, dan memiliki standar yang tinggi untuk dirinya sendiri.

Starfish Position

arti di balik posisi tidur5

Posisi tidur menghadap atas dengan kedua tangan menelentang dan kaki merenggang menyerupai bentuk bintang ini memang sering kita lihat di televisi. Namun faktanya, di dunia nyata hanya sekitar lima persen orang yang tidur dalam posisi ini.

Sebagian besar yang tidur dengan tangan dan kaki menelentang selalu terlihat sedang memikirkan sesuatu. Ia senang berkontemplasi dan terlibat dengan pikiran-pikiran rumit di kepalanya. Sama halnya dengansoldier position , tidur nyenyak terbilang sulit jika Anda tidur dalam posisi ini. Kecenderungan gangguan tidur termasuk mendengkur sangat tinggi.

Meski begitu, mereka adalah pendengar yang baik, sangat bersahabat, dan memiliki semangat tinggi. Mereka tak terlalu senang menjadi pusat perhatian.

Freefall Position

arti di balik posisi tidur6

Posisi tidur menelungkup dengan bagian perut sebagai penahan utama lain lagi. Mereka umumnya menghadap ke salah satu sisi dengan tangan melingkari bantal.

Orang yang tidur dalam posisi ini termasuk aktif dan mampu bekerja di bawah tekanan. Meski demikian, tipe ini termasuk mudah gugup, tak senang dikritik, dan bisa bersikap sangat jahat dalam kondisi tertentu.

Campuran

posisi tidur

Tak sedikit pula orang yang dapat melakukan lebih dari satu posisi dalam sekali tidur. Di satu malam, ia mungkin tidur menelungkup, sementara besoknya tidur menyamping. Lain waktu lagi, ia bisa juga tidur telentang.

Ini dinilai sebagai indikasi seseorang yang mudah terdistraksi, peragu, dan mudah stres. Bisa juga, kebiasaan ini menunjukkan Anda seseorang yang takut akan komitmen.